Advertorial

Plt Bupati Malinau Hadiri Rakornas Virtual

RAKORNAS : Plt Bupati Malinau Dr.Topan Amrullah M.Si bersama Forkompinda Malinau mengikuti Rakornas virtual tentang protokol kesehatan. (foto: Sollaimansyah/Koran Kaltara)
  • Antisipasi Penanganan Covid-19 Jelang Libur Panjang

MALINAU – Plt Bupati Malinau Dr.Topan Amrullah menghadiri rapat koordinasi nasional (rakornas) virtual yang digelar Kemenkopolhukam dan Kemendagri bersama Kepala BNPB di Ruang Intulun, Kamis (22/10).

Rakornas virtual juga dihadiri Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, perwakilan Kapolri dan beberapa perwakilan Gubernur, seperti dari DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Bupati Banyuwangi Jawa Timur.

“Saya tadi bersama Forkompinda di Malinau menghadiri undangan rapat koordinasi nasional secara virtual,” ujar Topan kepada Koran Kaltara, Kamis (22/10).

Menurut dia, rakornas itu dilaksanakan untuk mengantisipasi dan penanganan Covid-19 jelang perayaan Hari Besar Islam. Yakni, Maulid Nabi Muhammad SAW pada 29 Oktober.

“Berdasarkan SKB tiga Menteri, pada tanggal 28 Oktober hingga 1 November itu cuti bersama. Otomatis libur panjang di akhir pekan ini,” jelas Topan.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Daerah diingatkan agar dapat mengimbau masyarakat untuk tidak lupa protokol kesehatan. Terutama, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan untuk menikmati wisatawan luar daerah.

“Apalagi memang tagline dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif berpesan ketika liburan harus aman, nyaman dan sehat,” katanya.

Pada prinsipnya, lanjut dia, pemerintah memperbolehkan masyarakat berwisata, tetapi dengan prinsip-prinsip protokol kesehatan tetap dipatuhi.

“Jadi harus dipatuhi, ketika melakukan perjalanan ke luar daerah harus rapid test. Begitu pula sebaliknya pulang gunakan rapid test. Jangan sampai saat berangkat sehat dan pulang membawa penyakit,” ungkapnya.

Topan mengimbau ASN di lingkungan Pemkab Malinau tidak bepergian ke luar daerah, apalagi menuju daerah-daerah zona merah. “Jadi, kepada ASN dan PNS tidak dianjurkan bepergian ke luar daerah. Tetapi gunakan liburan bersama keluarga di rumah atau dikebun saja,” pungkasnya. (adv/man)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah