Advertorial

Plt Bupati Inisiasi Rakor BBM

PIMPIN RAPAT : Plt Bupati Malinau Dr.Topan Amrullah didampingi Sekretaris Daerah Dr.Ernes Silvanus dan Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Kristian Muned saat rapat koordinasi BBM bersama para agen. (foto: Sollaimansyah/Koran Kaltara)

MALINAU – Plt Bupati Malinau Dr.Topan Amrullah menginisiasi rapat koordinasi (rakor) Bahan Bakar Minyak (BBM) di tingkat Kabupaten Malinau, dengan mengundang seluruh agen, pangkalan hingga pemilik AMPS di malinau.

“Saya mengintruksikan Sekda dan Asisten II selaku tim teknis BBM untuk segera menggelar rapat koordinasi BBM,” ujar Topan kepada Koran Kaltara, Rabu (21/10) lalu.

Dia menjelaskan, rapat koordinasi ini untuk melihat pendistribusian BBM, mulai dari APMS ke pangakalan. Lalu, ke tingkat pengecer. Ini penting, untuk mendapatkan gambaran lengkap dan jelas. “Apa sih sesungguhnya permasalahan terhadap pendistribusian BBM di Malinau ini,” tutur Topan.

Selain itu, kata Topan, Rakor BBM ini sekaligus mensosialisasikan surat edaran dari Pertamina kepada Pemerintah Daerah. Dimana setiap agen, pangkalan atau penyuplai BBM tingkat Kabupaten/Kota secara bertahap menggunakan BBM jenis pertalite sebagai pengganti premium.

“Tujuannya agar bisa mensosialisasikan kepada masyarakat secara bertahap untuk menggantikan premium menjadi pretalite,” katanya.

Menurut dia, penggantian premium ke pertalite ini sesuai Surat Edaran Permen LHK, yang menganjurkan agar gas dan minyak ramah lingkungan. “Dalam hal ini menggunakan pertalite secara bertahap,” imbuhnya.

Disamping itu, lanjut Topan, rakor juga akan membahas pendistribusian BBM yang tersendat.

“Berdasarkan laporan dari agen di lapangan, pendistribusian mengalami kendala. Bahkan, laporan yang kita terima itu, dari salah satu agen terjadi lost dalam 2 tahun terakhir ini,” ujar Topan.

Menurut dia, laporan itu perlu dikaji oleh Tim BBM Pemkab Malinau. “Karena dalam 2 tahun terakhir terjadi lost sekitar 2-5 ton dalam sekali pengiriman,” katanya.

Paling tidak, lanjut Topan, tim teknis bersama para agen dan pangkalan BBM dapat mengambil langkah melakukan pengawalan. “Apakah itu saat pengisian tangki loading pot kapal dari Pertamina Tarakan, dan selama perjalanan 16 jam atau pada loading menuju Malinau dan sebagainya. Itu segara dibahas secara teknis lagi,” pungkasnya. (adv/man)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah