Politik

Pleno Keempat tentang Data Pemilih Digelar Desember

Pleno PDB tahap III KPU Tarakan tercatat 147.479 potensi pemilih baru. (Foto : Ist)

TARAKAN, Koran Kaltara – Seusai dengan intruksi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Pemutakhiran Data Berkelanjutan (PDB) dilakukan KPU Tarakan setiap tiga bulan sekali dengan mengundang instansi terkait.

PDB secara internal sebenarnya setiap bulan dilakukan untuk mengupdate data yang masuk.

Sedangkan dari hasil PDB tahap ketiga, Kamis (30/9/2021) didapati untuk warga Tarakan yang memiliki hak pilih sebanyak 147.479 potensi pemilih baru yang nantinya bisa dimutakhirkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Setiap bulan sebenarnya mengalami perubahan. Dari bulan sebelumnya ada bertambah 200 orang potensi pemilih baru, tapi berkurang lagi sebanyak 182 orang yang tidak memenuhi syarat (TMS). Yaitu orang yang menjadi TNI Polri atau orang yang meninggal,” jelas Ketua KPU Tarakan, Nasruddin, Jumat (1/10/2021).

Ia menambahkan totalnya juga berubah, dari 147. 461 berubah dengan tambahan 18 orang menjadi  147.479.

Dalam pleno yang dilakukan tiga bulan sekali, KPU mengundang TNI Polri maupun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan maupun partai politik.

Sesuai jadwal, pleno tahap keempat akan dilakukan sekali lagi, tahun ini di bulan Desember.

Perubahan data pemilih, diterangkan Nasruddin berdasarkan hasil koordinasi dengan sejumlah dinas terkait.

Di antaranya, untuk nama yang tercatat sebagai pemilih namun sudah meninggal dunia, data didapatkan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Sedangkan TNI Polri, misalnya data yang berkaitan dengan anggota yang pensiun atau warga yang ternyata masuk sebagai anggota TNI Polri.

“Kalau DLH itu tekait dengan data kematian. Berapa yang meninggal, otomatis kami hapus. Sedangkan Dinas Pendidikan berkaitan dengan pemilih baru, seperti SMA kelas XI atau XII, sudah berusia 17 tahun pada saat pemilih serentak Pemilu 2024,” terangnya.
Sedangkan untuk data pendatang yang sudah memiliki hak pilih sebagai warga Tarakan, misalnya data pindahan akan diambil dari Disdukcapil.

Koordinasi berkelanjutan juga dilakukan, menyesuaikan perubahan data yang ada di Disdukcapil.

Berbeda dengan data di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan, karena data di dalamnya bisa tidak menetap hingga Pemilu 2024.

Maka, perubahan data akan dipastikan saat menjelang Pemilu.

“Data pindah, data keluar masuk, data meninggal dan pindah domisili semua dicocokkan. Kami juga ada petugas yang turun lapangan, dari Divisi Data,” bebernya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Rifat Munisa

 

TOPIK TERKAIT:

Hasil PDPB KPU Bulungan, Data Pemilih Meningkat

Pemutakhiran Data Pemilih Dilakukan Setiap Hari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment