Politik

PKS Muda Kaltara dan Tarakan Secara Resmi Terbentuk

PKS Muda Kaltara dan PKS Muda Tarakan. (Ist)

TARAKAN, Koran Kaltara  – Sayap kepemudaan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Utara resmi terbentuk. Ketua DPW PKS Kaltara, Muhammad Nasir, Jumat (18/6/2021) kemarin melantik pengurus PKS Muda Kaltara dan Tarakan yang berjumlah 30 orang. Mereka yang dilantik berusia 17 tahun hingga 27 tahun.

Muhammad Nasir mengatakan, melalui wadah PKS Muda, ia ingin mengajak pemuda Kaltara tidak hanya menjadi obyek politik dan dijadikan sebagai lumbung suara seperti yang terjadi selama ini.

Namun, harus sebagai subjek politik yang akan mewarnai perpolitikan Indonesia, khususnya Kaltara. Selain itu, diharapkan dapat menjadi wadah bertemu dan berhimpunnya komunitas anak muda se-Kaltara sehingga terjalin suatu kolaborasi dalam berkarya, sesuai bidang masing-masing.

“Seperti di bidang seni, olahraga, pendidikan, lingkungan, keagamaan, dan lainnya. Kedepan PKS Muda akan dibentuk pula di seluruh kabupaten/kota di seluruh Kaltara,” ujar Nasir, Minggu (20/6/2021).

Dia mengajak, anak muda Kaltara untuk tidak anti dengan politik melainkan harus melek, bahkan peduli dengan politik karena politik berpengaruh di semua aspek kehidupan.

Hadirnya generasi muda dalam panggung politik, maka akan mewarnai perpolitikan bangsa Indonesia dengan warna yang berbeda dari selama ini. Pasalnya, anak muda memiliki jiwa kreatif, inspiratif dan dapat memberikan suatu dampak yang sungguh luar biasa.

Hal senada juga diungkapkan, Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Tarakan, Darmanto. Ia mengutip satu kalimat dari Bung Karno yaitu ‘berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia”.

Darmanto mengharapkan, dengan adanya PKS Muda, dapat menjadi suatu wadah dan solusi dalam menghadapi berbagai ancaman generasi muda yang berada di Kaltara.

“Maraknya peredaran narkoba mengancam gaya hidup anak muda. Oleh karena itu anak muda harus disibukkan dengan hal-hal yang sifatnya positif. Kita optimistis bahwa milineal akan menjadi salah satu basis pemilih terkuat PKS Kaltara di 2024 nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PKS Muda Kaltara Muhammad Irmawan menyatakan, bahwa ia akan melaksanakan beberapa program dan berkolaborasi dengan berbagai bidang yang dekat dengan millenial dan menampakkan wajah PKS Muda yang dekat dengan anak muda.

Kemudian, Ketua PKS Muda Tarakan, Iksan menambahkan, entrrpreneur sebagai wadah bagi anak millenial dalam menyalurkan kreatifitasnya, sehingga PKS Muda hadir untuk mewarnainya.

“Tak hanya entrepreneur, PKS Muda juga turut andil dalam permasalahan dasar yang terjadi disekeliling kita, yaitu pembentukan divisi pendidikan, lingkungan hidup dan kesehatan,” jelas Iksan.

Sebelumnya, DPW PKS Kaltara beserta jajaran melaksanakan silahturahmi kebangsaan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), pengurus Muhammadiyah dan partai Nasdem Kaltara.

Tujuan dari silahturahmi tersebut, untuk memperkenalkan para pengurus baru, mempererat komunikasi dan membahas masalah utama yang dihadapi masyarakat Kaltara. Seperti kesenjangan sosial, penyalahgunaan narkoba serta usulan untuk mengawal program-program pemerintah agar membuat aturan yang memihak kepada rakyat. (adv)

Reporter: Sabri

Editor: Didik