Politik

PKB Kaltara Gelar Muswil Tatap Muka

Ketua Panitia Muswil II PKB Kaltara, Zulkifli didampingi Sekretaris Samir memberikan keterangan pers di hadapan wartawan. (Foto: Sofyan/Koran Kaltara)

TARAKAN, Koran Kaltara – Partai Kebangkitan Bangsa hari ini, Sabtu (9/1/2021) menggelar Musyawarah Wilyah (Muswil) untuk suksesi kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Kalimantan Utara, masa bhakti 2021-2026.

Jika biasanya partai politik melakukan voting untuk menentukan ketua, tidak dengan PKB, karena Ketua DPW Kaltara akan ditentukan melalui musyawarah mufakat.

Muswil digelar secara tatap muka di satu hotel di bilangan Jalan Mulawarman mulai pukul 15.00 Wita. Kegiatan akan dibuka secara daring oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, Muhaimin Iskandar.

Beberapa perwakilan DPP PKB akan hadir, salah satunya Luluk Hamidah yang merupakan anggota DPR RI. Selain itu, juga akan hadir pengurus DPC maupun DPW.

Pun demikian, ia memastikan bahwa kegiatan akan digelar sesuai protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Peserta akan dibatasi  tidak lebih dari 50 persen kapasitas ruangan.

“Isu paling krusial yang akan dibahas selain perombakan kepengurusan, ada beberapa poin. Yang pertama laporan pertanggungjawaban kepengurusan tahun lalu, musyawarah untuk mencapai mufakat, serta menyelesaikan susunan kepengurusan baru untuk menyusun rekomendasi yang akan diajukan ke DPP,” terang Ketua Panitia Muswil ke II PKB Kaltara, Zulkifli, Jumat (8/1/2021).

Lebih lanjut dikatakan Zulkifli, bahwa PKB selalu mengedepankan musyawarah mufakat. Teknis pencalonan ketua akan diumumkan pada saat muswil.

“Ini dibuka untuk internal, kader yang memenuhi syarat dipersilakan mendaftar. Yang akan hadir nanti ada pengurus DPC maupun DPW serta DPP. Kalau hanya ada satu calon akan aklamasi, namun bila lebih dari satu calon akan dilakukan musyawarah menentukan siapa yang terbaik. Supaya bisa membawa PKB ke depan lebih baik, bukan mengedepankan ego,” urainya.

Terdapat 19 provinsi yang menggelar muswil dan dibuka secara serentak secara online.

“Mudah-mudahan kita bisa melakukan yang terbaik, dapat memilih pemimpin yang terbaik dan tidak ada konflik apapun. Sehingga komunikasi antara DPC, DPW, dan DPP berjalan dengan lancar. Muswil ini akan merombak kepengurusan masa bhakti 2021-2026. Berbagai kemungkinan bisa terjadi, termasuk kepengurusan yang lama terpilih kembali,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa

Editor: Hariadi

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah