Malinau

Ping Ingatkan Masyarakat Agar Tetap Disiplin Prokes

Suasana pasar wisata belanja Pro Sehat Intimung. (Istimewa)

MALINAU Koran Kaltara – Dengan diresmikannya pasar wisata belanja di Pro Sehat Intimung pekan lalu, Ketua DPRD Malinau Ping Ding mengingatkan kembali kepada masyarakat agar tetap disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Sesuai dengan arahan bupati sebelumnya yang sekarang menjadi Wakil Gubernur (Yansen TP, Red) di mana disepakati pasar wisata belanja itu harus disiplin dan tertib untuk menjalankan protokol kesehatan,” ujar Ping, kepada Koran Kaltara, Jumat (16/4/2021) lalu.

Menurut dia, dengan diaktifkannya Pro Sehat tentu melibatkan banyak orang dan pastinya akan memiliki pro dan kontra akan hal tersebut.

“Meski begitu, kalau dijalankan dengan tertib dan masyarakat juga sadar sepenuhnya dengan menjalankan prokes dari jaga jarak, menggunakan masker, pastinya akan terhindar,” jelasnya.

Diakuinya, untuk pasar wisata belanja ini memang masih terbilang baru. Sebab itu, membutuhkan adaptasi dan penyesuaian dengan situasi kondisi saat ini.

Disinggung mengenai langkah ke depan apakah dimungkinkan ada retribusi daerah? Ping menuturkan, tentu dalam setiap aktivitas ekonomi pasti membutuhkan hal tersebut. Namun, perlu ada metode dan ketentuan yang harus disusun terlebih dahulu.

“Pasti mengarah ke sana. Tapi, harus ada komitmen bersama dulu dalam mengatur untuk penarikan retribusi itu. Bisa saja melalui Perbup. Tapi sekiranya memang harus mencari format dulu,” ungkapnya.

Sementara Plh Bupati Malinau Dr. Ernes Silvanus mengungkapkan, tujuan daripada pasar belanja ini untuk memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di Malinau.

“Meski demikian, sesuai dengan komitmen bersama, pasar wisata belanja ini tetap menegakkan protokol kesehatan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah

Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah