Ekonomi Bisnis

PHRI Harap Vaksinasi Menaikkan Tingkat Hunian Hotel

ilustrasi pelayanan hotel selama pandemi. (Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Dewan Pimpinan Daerah Kota Tarakan, Kiepie berharap vaksinasi dapat memberikan kembali kepercayaan kepada warga untuk kembali menginap di hotel-hotel. Berdasarkan data dari PHRI, tingkat okupansi sekitar 15 -20 persen.

“Dan itu masih rendah. Meskipun demikian kita masih bisa gaji karyawan dan tidak ada PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Dengan adanya vaksinasi kita harapkan ekonomi cepat menggeliat sehingga okupansi bisa meningkat lagi,” terang Ketua PHRI DPD Tarakan, Kiepie, Senin (29/3/2021).

Kiepie mengatakan, pelaksanaan vaksin diharapkan bisa dipercepat supaya orang berani datang ke Tarakan dan menginap di hotel. Karena dengan vaksin sebagai salah satu jaminan bahwa tingkat kekebalan pegawai perhotelan sudah baik sehingga tidak akan menyebarkan virus.

“Tarakan ini sebagai kota transit. Selain itu memiliki beberapa situs peninggalan sejarah Perang Dunia ke II. Tarakan juga memiliki wisata kuliner sehingga cukup menarik untuk didatangi. Makanya dengan vaksin yang dilakukan secara massif,  bisa menjadi pertimbangan masyarakat untuk datang ke sini,” ungkapnya.

Pada Senin (29/3/2021) PHRI mendapatkan kuota 300 dosis yang diprioritaskan bagi pegawai resepsionis.

“Sebenarnya jumlah karyawan hotel dan restoran berjumlah 777 orang, di Tarakan saja, tetapi kita baru dikasih sebanyak 300 dosis. Meskipun demikian, kita tetap mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tarakan yang telah memperhatikan insan perhotelan dan restoran, terutama yang sudah menjadi anggota PHRI,” bebernya.

Di Tarakan terdapat 41 hotel. Tamu lebih banyak warga Kaltara yang akan melakukan perjalanan ke luar Kaltara. Namun, ada juga tamu-tamu, baik pemerintah maupun perusahaan swasta yang datang ke Tarakan dan Kaltara untuk melakukan perjalanan kerja serta bisnis.

“Memang saat ini sudah lebih baik dibandingkan dengan 2020 lalu. Mudah-mudahan ada dampak yang baik setelah kita divaksin. Selain itu, ada upaya perbaikan kawasan wisata di Pantai Amal, mudah-mudahan juga akan berdampak pada okupansi di sini,” harap Kiepie. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah