Malinau

Petani Malinau Terkendala Infrastruktur Tani

Lahan pertanian di Malinau. (Foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Malinau, Abia Sidung menegaskan bahwa para petani selama ini mengalami kendala infrastruktur tani.

“Memang dari fisik infrastruktur jalan tani itu ada, namun tidak terpelihara dengan baik. Kita akui anggaran daerah sangat minim. Sehingga, infrastruktur jalan pertanian kurang terawat dengan baik,” ujar Abia kepada Koran Kaltara, Kamis (14/1/2021).

Dia berharap awal tahun 2021 ada pemeliharaan jalan tani. Sebab itu merupakan salah satu dukungan agar para petani dapat beraktivitas untuk meningkatkan produktivitasnya.

Selain itu, lanjut Abia, di era sekarang para petani sangat tertinggal dengan teknologi karena masih menggunakan cara manual.

“Para petani sangat mengharapkan ada dukungan sarana prasarana, seperti alat-alat teknologi yang canggih,” jelasnya.
Disamping itu, Abia mengaku sumber daya manusia memang masih sangat minim. Apalagi, regenerasi petani masih belum menyentuh kalangan millenial.

“Kalau saya melihat, anak-anak sekarang ini cenderung memilih ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil atau tenaga honorer,” katanya.

Padahal, kata Abia, generasi milenial menjadi penerus untuk peningkatan sektor pertanian. “Contoh, kami di sini memiliki dua lulusan pertanian. Mereka sudah membantu para petani, dengan memberikan penyuluhan bagaimana bersawah dan membuat kolam,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Malinau Dr. Afri ST Padan mengakui bahwa pemeliharaan jalan tani masih sangat minim. “Bukan berarti kita tidak mengusulkan. Kita sudah mengusulkan, tetapi terbentur anggaran,” jelasnya.

Menurut dia, beberapa kelompok tani di Malinau sudah mendapatkan bantuan untuk mendukung produktivitas lahan pertaniannya.

”Sudah ada beberapa kelompok petani yang mendapatkan bantuan. Namun, saat ini mengalami penurunan mutu keadaan lahan, mulai pematangan, saluran dan irigasinya,” jelasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah