Malinau

Petani Dilatih Menyadap Karet

Petani diberikan pelatihan penyadapan karet. (foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran kaltara – Untuk menggeliatkan sektor perkebunan, khususnya di bidang karet, Dinas Pertanian Malinau menggandeng perusahaan untuk memberikan pelatihan penyadapan karet, pada Jumat (24/9/2021) lalu.

Dari pantauan di lapangan, puluhan petani yang tergabung dalam kelompok tani perkebunan karet Desa Seruyung sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Masyarakat tani diberikan  materi bagaimana pola penanaman, perawatan, penyadapan hingga pasca panen. Termasuk pemasaran dan perizinan.

Pelatihan ini memberikan gairah bagi tani perkebunan untuk meningkatkan  produksi karet yang berkualitas dan bernilai ekonomis di Kabupaten Malinau.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malinau  Dr Apri ST Padan menyampaikan, bahwa pelatihan tersebut lebih diprioritaskan bagi pertanian yang akan berproduksi atau masuk masa panen.

Sebab, dari usia perkebunan karet 7 tahun, sudah masuk masa penyadapan.

Apri mengatakan, sebelum digelar pelatihan,  beberapa kelompok tani maupun perseorangan menghubungi pihaknya untuk menanyakan pelatihan penyadapan karet tersebut.

“Ada permintaan, kita mengelar pelatihan penyadapan karet hingga pasca panennya,” katanya.

Menurut dia, walaupun di tengah masa pandemi, pihaknya berusaha maksimal memberikan pelatihan, agar dapat memacu para petani karet bersemangat mengelola karetnya. “Mulai dari menanam hingga poduksinya,” jelasnya.

Dia mengatakan, sektor kebun karet harus diperhatikan. “Bukan berarti sawit tidak, karena sawit tanpa pelatihan sudah berjalan dan saat ini harga buah sawit sedang bagus,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, sektor perkebunan karet harus mendapatkan dorongan dan motivasi.

“Pelatihan ini bukan melirik harganya, tetapi minat masyarakatnya untuk berkebun karet.  Mereka tidak mengetahui bagaimana cara menyadap dan mengolahnya. Makanya, kita coba melakukan pelatihan penyadapan hingga pasca panennya,” jelasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

 

TOPIK TERKAIT:

Konsentrasi di Sektor Pertanian dan Peternakan

Dukung Petani Milenial Berkualitas

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment