Malinau

Perusda Intimung Didorong Ambil Peluang

Mebeler rotan di Perusda Intimung.  (foto: Sollaimansyah/Koran Kaltara)

MALINAU, Koran Kaltara – Sesuai imbauan Gubernur Kaltara, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Malinau Dr.Topan Amrullah mendorong Perusda intimung mengambil peluang penggunaan produk lokal, terutama pengrajin rotan.

“Kita mendorong Perusda Intimung bisa segera mengambil peluang itu. Apalagi sudah terbuka penggunaan produk lokal. Jadi harus bergerak lebih cepat,” ujar Topan kepada Koran Kaltara, Rabu (3/3).

Menurut dia, apabila peluang ini langsung ditangkap secara cepat, maka otomatis perekonomian para pengrajin rotan di Malinau mengalami peningkatan.

“Setidaknya peluang ini dapat membantu para pengrajin rotan untuk lebih semangat lagi,” katanya.

Sesuai arahan Gubernur Kaltara, kata dia, setiap mebeler di lingkungan Pemprov Kaltara dan DPRD Kaltara akan diganti menggunakan produk lokal rotan.

“Beliau (Gubernur) sudah perintahkan untuk  melakukan pergantian mebeler. Jadi mebeler di Kantor Gubernur maupun dinas dan badan di lingkungan Pemprov serta DPRD akan diganti produk lokal. Ini kesempatan bagi Kabupaten Malinau melobi,” jelasnya.

Topan menegaskan, hasil produksi rotan pengrajin Malinau sudah level nasional. “Karena sudah dikenal di level nasional. Dan, pengrajin batik kita juga sudah luar biasa,” jelasnya.

Dia bersyukur terpilihnya Gubernur Zainal Paliwang dan Wakil Gubernur Kaltara Dr.Yansen TP sudah memberikan gairah pelaku UMKM dan pengrajin lokal. Terutama di Malinau ini.

“Saya kira salah satu keutungan kita di Malinau dengan majunya Pak Yansen sebagai Wakil Gubernur  berpasangan dengan Gubernur Zainal mengairahkan produk lokal. Sehingga produk batik dan rotan digunakan di lingkungan Pemprov Kaltara dan DPRD Malinau,” jelasnya.

Topan mengapresiasi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, yang sudah mendongkrak produk lokal batik dan rotan di 5 Kabupaten/Kota.

“Apalagi telah menganjurkan setiap ASN di lingkungan Pemprov Kaltara menggunakan batik lokal,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah