Ekonomi Bisnis

Perumda Agrobisnis Bakal Buat Pembenihan Udang dan Kepiting

Wali Kota Tarakan, Khairul

TARAKAN, Koran Kaltara – Rencana Pemkot Tarakan membuat pembenihan kepiting dan udang bersama pihak ketiga ditunda. Investasi ini ditunda lantaran masa pandemi sejak Maret lalu belum usai.

Meski demikian, pemkot kembali mewacanakan rencana ini tetapi bakal dilaksanakan di bawah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Agrobisnis.

“Ada perencanaan yang sudah mereka (Perumda Agrobisnis) buat. Pertama membuka Balai Benih Udang (BBU) yang ada di Pantai Amal,” ujar Wali Kota Tarakan, Khairul.

Diharapkan, BBU yang nantinya akan dikelola Perumda Agrobisnis ini bisa menjadi salah satu pemasok benur yang selama ini didatangkan dari luar kota.

Tidak hanya udang, nantinya balai benih ini juga akan dibuat untuk kepiting namun rencananya akan dibangun di Kawasan Usaha Peternakan (Kunak) yang ada di Jalan Aki Babu.

Namun, sebelum memulai proses pembangunan Balai Benih Kepiting, harus mempersiapkan tempat terlebih dahulu, yakni dilakukan pengerukan lahan untuk dibuat kolam.

Ini juga yang sebelumnya akan dikerja samakan dengan pihak ketiga, namun terkendala dan tidak bisa terlaksana karena memasuki masa Covid-19 sejak Maret lalu.

“Perumda sedang mempersiapkan opsi yang lain, kalau memang kerja sama itu tidak jalan dan akan mempersiapkan sendiri,” tuturnya.

Hanya saja, kata Khairul, pelaksanaannya tetap menunggu tersedianya anggaran pasca pandemi Covid-19 ini. Diakuinya, untuk pembenihan kepiting memang harus cepat dilakukan, sebagai langkah membantu proses restoking kepiting.

Terutama, setelah pemerintah pusat mengizinkan eksploitasi kepiting bertelur sesuai Pasal 7 di Permen No. 12 memuat tentang ketentuan penangkapan atau pengeluaran kepiting.

Pertama, kepiting tidak dalam kondisi bertelur yang terlihat pada abdomen luar. Kemudian, ukuran lebar karapas 12 cm atau berat di atas 150 gram per ekor. Penangkapan juga harus dilakukan dengan menggunakan alat penangkapan ikan, bersifat statis atau pasif.

“Kita kan lebih banyak, nanti pelakunya para petambak dan nelayan yang akan membantu merestoking. Seperti menyuplai bibitnya. Kalau dari Perumda, nanti akan berproses setelah ketersediaan anggaran mencukupi,” katanya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah