Kaltara

Pertambahan Penduduk Diarahkan Dukung Pembangunan Daerah

Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pertumbuhan jumlah penduduk yang terus berlangsung di Kalimantan Utara, perlu diarahkan agar bisa mendukung kinerja pembangunan daerah. Demikian disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara, Norhayati Andris, Rabu (25/11/2020).

Ia menjelaskan, sebenarnya pertambahan penduduk memiliki dampak positif, khususnya dalam mengatasi kekurangan sumber daya manusia (SDM) pada sejumlah lapangan usaha. Seperti contohnya pertanian dan perkebunan.

“Sebagaimana kita ketahui, jumlah penduduk di Kaltara terus bertambah dari tahun ke tahun. Kita harus mengupayakan agar hal tersebut bisa diberdayakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang ada,” jelas Norhayati.

Secara teknis, pemerintah daerah memang wajib memberikan dukungannya, mulai dari aspek pendidikan, kesehatan hingga kesejahteraan sosial. Dengan begitu, Norhayati meyakini bisa membentuk SDM yang berkualitas.

“Sebenarnya kan sudah ada program pemerintah di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial dan lainnya. Tinggal dimaksimalkan saja agar tepat sasaran. Jadi SDM yang masih muda, kita bina melalui bangku pendidikan. Sementara yang sudah masuk usia kerja, diupayakan terserap di dunia kerja atau dunia usaha,” paparnya.

Lanjut Norhayati, pemerintah perlu maksimal untuk memfasilitasi itu semua sehingga bisa mengantisipasi permasalahan sosial akibat pertumbuhan jumlah penduduk. Baik dari peningkatan angka pengangguran, kemiskinan, orang terlantar dan lainnya.

“Kita berupaya agar siapa pun yang datang ke Kaltara dengan niat baik dan usaha sungguh-sungguh, bisa mendapat kesempatan untuk mendapatkan kehidupan yang layak,” jelas Norhayati.

Dia juga berpesan agar masyarakat dari luar daerah bisa tertib administrasi kependudukan. Ini menjadi penting agar mereka bisa mendapatkan hak-haknya.

“Tertib administrasi kependudukan sangat penting. Ketika sampai ke Kaltara, segera diubah status kependudukannya. Sehingga apabila ada program dan bantuan dari pemerintah, bisa mendapatkannya. Seumpama ada hal yang tidak diinginkan pun bisa segera dicarikan solusi terbaiknya,” pesan Norhayati. (adv)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah