Kaltim

Personel Satpol PP Adu Jotos dengan Pengamen

Tangkapan layar video viral pemukulan yang dilakukan oleh oknum Satpol PP di Balikpapan kepada seorang pengemis kemarin, Rabu (24/11). (Ist)
  • Videonya Viral, Penertiban Mendapat Perlawanan

BALIKPAPAN – Kegiatan penertiban yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Balikpapan terjadi ketegangan. Seperti yang tengah viral, video aksi penertiban yang dilakukan Satpol PP terhadap seorang pengamen jalanan mendapat perlawanan.

Tampak di rekaman video, seorang pengamen diamankan beberapa petugas Satpol PP di persimpangan Km 3,5 Balikpapan Utara. Antara petugas dan seorang pengamen terjadi adu pukul pada Rabu sore (24/11).

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan, Zulkifli mengatakan, aksi pemukulan itu reflek semata dan tidak ada unsur kesengajaan.

“Mereka (pengamen, red) itu rata-rata kalau lihat petugas lari. Dan mereka itu berulang-ulang. Jadi semua itu sesuai prosedur, dan itu hanya reflek saat di lapangan. Contoh aja, kayak kami pas lagi razia masker, mereka hendak menabrak petugas, ya otomatis kami menghindar,” katanya, Kamis (25/11).

Pun demikian, dia menyayangkan aksi tersebut yang seharusnya dapat dihindari. Personelnya diingatkan agar tetap bersikap humanis. “Walaupun petugas sering disumpahin, tapi jangan diambil hati,” ujarnya.

Pasca kejadian tersebut, Zul (biasa disapa) sudah menyelesaikan permasalahan antara kedua belah pihak dengan jalan damai.

Adapun penertiban sudah sesuai peraturan daerah (perda), dimana gelandangan dan pengemis (gepeng) serta sejenisnya dapat ditertibkan di Balikpapan karena mengganggu ketertiban umum. “Itukan memang dilarang. Jadi kami tertibkan dan dilakukan pendataan dan ada juga yang disidangkan. Kalau anak kecil, kami serahkan ke Dinsos,” tutupnya. (*)

Sumber: Koran Kaltim

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment