Malinau

Personel Gabungan Kawal Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Malinau

Kabag Ops Polres Malinau AKP William (kiri) dan Kasi Trantib Satpol PP Rury Ahmad Sururie (kanan) di halaman KPU. (Foto: Sollaimansyah)

MALINAU, Koran Kaltara – Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Malinau 2020 yang digelar hari ini dijaga ketat.

Sebanyak 101 personel gabungan TNI Polri dan Satpol PP bersiap siaga untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan massa dari pendukung pasangan calon.

Dari pantauan Koran Kaltara, suasana di depan dan halaman KPU Malinau saat ini sedang dijaga ketat personel gabungan tersebut.

Kapolres Malinau AKBP Agus Nugraha melalui Kabag Ops AKP William Wilman Sitorus, SIK, menyebutkan, hari ini pihaknya menurunkan personel gabungan yang terdiri dari Polres sebanyak 60 personel, Satpol PP 20 personel, Brimobda Kaltara 15 personel, Kodim 0910 Malinau 2 personel dan Batalyon 614 sebanyak 5 personel.

“Anggota gabungan ini akan mengawal proses penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan ditetapkan oleh KPu Malinau,” ujar Wiliam kepada Koran Kaltara, saat ditemui di Halaman Kantor KPU Malinau, Rabu (23/9/2020).

Wiliam mengatakan, dalam sistem pengamanan penetapan ini pihaknya mengikuti sesuai dengan ketentuan yang telah diatur oleh KPU Malinau.

“Jadi kita menyesuaikan dengan penegasan KPU, berapa jumlah yang akan masuk ke dalam KPU Malinau, mulai dari paslon, pimpinan partai pendukung dan LO,” ujarnya.

Namun, apabila dari setiap pasangan calon membawa massa pendukung, Wiliam menegaskan, mereka akan diminta untuk berada di depan Kantor KPU Malinau.

“Tetapi jika terjadi kerumunan massa, maka kami akan arahkan untuk segera kembali ke posko pemenangan masing-masing sambil menunggu hasil,” jelasnya.

Artinya, kata Wiliam, area wilayah KPU Malinau harus tetap steril tanpa adanya kerumunan massa dari pendukung masing-masing.

“Tujuan kita untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Jangan sampai adanya penumpukan massa karena kita tahu siapa yang sakit dan sehat,” terang dia.

Wiliam mengimbau kepada massa pendukung masing-masing calon untuk tetap berdiam diri tanpa harus ke KPU Malinau.

“Kami harapkan bisa dipatuhi untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama proses Pilkada 2020 ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah