Politik

Persiapan Debat Publik Pilkada Kaltara Sudah 80 Persen

Seting lokasi debat Pilkada Kaltara. (Foto: Ariyanto)

TARAKAN, Koran Kaltara – Persiapan debat publik calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kaltara hingga sore tadi sudah mencapai 80 persen. Debat publik pertama sesuai agenda akan dilaksanakan di Hotel Tarakan Plaza Kota Tarakan pada Minggu 25 Oktober 2020.

Komisioner KPU Kaltara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Hariyadi Hamid menjelaskan, persiapan debat saat ini telah memasuki tahapan penyelesaian, mulai dari setting panggung, rumusan materi pertanyaan dan undangan juga telah disebar.

“Sisa finishing, sesuai rundown kami akan menggelar gladi pada hari ini sampai besok sore,” jelasnya, Sabtu (24/10/2020).

Dalam pelaksanaanya nanti ada dua model, yaitu off air yang sifatnya seremonial dan proses debat on air live di lembaga penyiaran publik TVRI. Proses on air dimulai sejak persiapan pukul 19.00 Wita dan diharapkan undangan hadir sebelum pukul 20.00 Wita.

“On air kita mulai jam 21.00 Wita sampai dengan 10.30 Wita, kita punya waktu 90 menit untuk debat publik,” katanya.

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan sesuai dengan PKPU, maka jumlah orang di dalam ruangan debat tidak lebih dari 50 orang.

BACA JUGA: Tiga Paslon Pilkada Kaltara Siap Ikuti Debat

“Paslon ada tiga, masing-masing paslon hanya boleh membawa 4 tim kampanyenya jumlahnya 12. dari Bawaslu dua orang, anggota KPU lima orang, moderator dan panelis, total di dalam ruangan sebanyak 26 orang,” terangnya.

Sementara untuk crew live dan panitia berada di belakang dan tidak akan masuk area kategori tempat duduk lokasi acara. Semua yang ada didalam ruangan debat wajib mengikuti protokol kesehatan menggunakan masker, sarung tangan, dan menjaga jarak. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah