Headline

Persentase Kesembuhan Covid-19 di Kaltara Menurun

AKTIVITAS MASYARAKAT - Meski ada kelonggaran dari pemerintah, masyarakat diminta tetap memerhatikan protokol kesehatan covid-19. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Terjadi Penambahan Kasus Baru, Total Akumulasi 204 Kasus

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Perkembangan kasus Coronavirus Disease (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masih sangat dinamis. Padahal sebelumnya sempat mengalami penurunan kasus, dengan tingkat kesembuhan naik mencapai 85 persen. Namun, beberapa hari belakangan, terjadi penambahan kasus baru, dimana berimbas pada persentase kesembuhan yang menurun. Bahkan, hingga Senin (29/6), tingkat kesembuhan di Kaltara 77,7 persen.

Berdasarkan rilis yang disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, pasien sembuh se-Kaltara 157 orang, dari total akumulasi 204 kasus. Ada penambahan kasus baru di Malinau yang terkonfirmasi kemarin, inisial RL, laki-laki usia 34 tahun.

“Berdasarkan informasi, (RL) punya riwayat perjalanan dari luar daerah, yakni dari Makassar (Sulawesi Selatan),” kata Agust Suwandy dalam rilisnya.

Dia mengemukakan, penambahan kasus positif baru di Kaltara sejauh ini sebagian besar di Kota Tarakan. Yakni 23 kasus sejak tiga hari yang lalu, kemudian ditambah satu kasus baru di Bulungan dan satu di Malinau. Catatan tim gugus tugas, akumulasi kasus paling tinggi di Tarakan sebanyak 76 kasus, menyusul Nunukan 44 kasus, Bulungan 43 kasus, Malinau 34 kasus dan Tana Tidung 7 kasus.

Adapun pasien yang masih menjalani perawatan, juga paling banyak di Tarakan sebanyak 33 pasien. Selanjutnya di Tana Tidung 4 pasien, Bulungan dan Nunukan 3 pasien dan Malinau 2 pasien.

“Dengan demikian jumlah (akumulasi) kasus konfirmasi positif di Kaltara 204 orang, sembuh (total) 157 orang dan kasus positif meninggal 2 orang. Sehingga yang masih menjalani perawatan sebanyak 45 orang. Persentase Kesembuhan 77,7 persen,” kata Agust memberikan kesimpulan.

Adanya penambahan kasus baru, menjadi perhatian gugus tugas di Kaltara. Meski saat ini pemerintah telah memberikan kelonggaran di tengah pandemi covid-19, Agust tetap mengingatkan agar masyarakat tidak lengah.

“Tetap perhatikan protokol kesehatan. Karena penularan virus ini masih berpotensi terjadi, sehingga yang paling penting adalah menjaga pola hidup sehat dengan menjalankan arahan dari pemerintah,” tegasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah