Headline

Perjalanan Umrah Kaltara Tidak melalui Balikpapan

Suasana Ramadan tahun 2021 saat pandemi Covid-19 di Ka'bah, Makkah, Arab Saudi. (mediaindonesia.com)

TARAKAN, Koran Kaltara – Pemerintah mulai membuat aturan dan syarat yang harus dipenuhi calon jamaah umroh. Ketentuan itu mengatur calon jamaah sebelum berangkat dan selama melangsungkan ibadah umrah di Arab Saudi. Peratuan Menteri Agama (PMA) nantinya, akan menyesuaikan dengan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi yang membuka negaranya, usai ditutup hampir dua tahun selama masa pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Tarakan, Muhammad Aslam menuturkan, jamaah umrah dari Indonesia sudah diizinkan masuk Arab Saudi. Namun pemerintah melalui Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan masih mempersiapkan teknis yang terkait jamaah umrah.

“Sehingga, sampai saat ini belum ada satu pun jamaah yang melaksanakan umrah ke Arab Saudi. Kemungkinan awal tahun depan baru bisa. Tapi, sampai sekarang belum ada yang berangkat,” ujar Aslam, Kamis (25/11/2021).

Keberangkatan umrah dimungkinkan hanya melalui satu pintu di embarkasi haji Jakarta. “Supaya mudah dikontrol. Termasuk nanti, pengecekan vaksinasi, isolasinya dan lain sebagainya,” kata dia.

Aslam menambahkan, sama halnya dengan pelaksanaan haji, kemungkinan tahun depan persiapan awal sudah mulai dilakukan. Mulai dari pemeriksaan dokumen, kesehatan, maupun syarat lainnya seperti protokol kesehatan (prokes) yang diperketat. Hal ini untuk menghindari penyebaran Covid-19 dari perjalanan umrah.

Pihaknya juga sudah melakukan pertemuan dengan para travel umrah yang ada di Tarakan untuk bisa memberikan penjelasan kepada calon jamaah agar mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan. Selain itu, para jamaah juga diminta bersabar dan tidak percaya dengan informasi hoaks yang beredar.

“Banyak informasi hoaks yang beredar terkait umrah ini. Apalagi sudah mempersiapkan diri sejak tahun lalu dan menunggu-nunggu waktu keberangkatan. Tapi, kami minta bersabar dulu hingga pemerintah mengeluarkan aturan teknis keberangkatan umrah,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida

Editor: Nurul Lamunsari

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment