Kaltara

Perekrutan yang Tepat Tentukan Kualitas Personel Polri

Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan Rakorbin Biro SDM Polda Kaltara yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit mengatakan, Biro SDM Polda sangat berpengaruh dalam upaya mewujudkan visi dan tujuan organisasi kepolisian. Personel yang memiliki kualitas dan kuantitas, tergantung perekrutan yang dilakukan oleh Biro SDM. “Biro SDM Polda ini…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Dalam kegiatan pelaksanaan kegiatan Rakorbin Biro SDM Polda Kaltara yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Kapolda Kaltara, Brigjen Pol Indrajit mengatakan, Biro SDM Polda sangat berpengaruh dalam upaya mewujudkan visi dan tujuan organisasi kepolisian.

Personel yang memiliki kualitas dan kuantitas, tergantung perekrutan yang dilakukan oleh Biro SDM.

“Biro SDM Polda ini memiliki peran yang sangat signifikan dan fundamental dalam mendapatkan personel dengan kualitas dan kuantitas yang baik. Tentu ini semua menjadi tugas dan tanggungjawab oleh kinerja personel di bidang pengeloaan SDM. Baik dari tingkat Satker maupun Satwil,” katanya.

Untuk mendapatkan personel yang berkualitas dan memiliki kuantitas, kata dia, ada delapan hal yang harus menjadi perhatian dari Biro SDM Polda Kaltara sendiri. Di antaranya adalah, Biro SDM ini harus berkomitmen untuk dapat mewujudkan SDM Polda Kaltara yang berprestasi dan inovatif.

Setelah itu, membangun dan mengelola sistem pembinaan SDM Polda Kaltara yang terintegrasi dan mencakup seluruh proses dalam siklus manajemen SDM.

“Agar kebijakan dan pelaksanaanya berada dalam satu garis pembinaan yang jelas dan tetap konsisten,” sambung Kapolda.

Selain itu, lanjutnya, Biro SDM ini harus melaksanakan semua kebijakan Polri dalam melakukan rekrutmen personel di lingkup Polri.

Mengimplementasikan sistem open bidding dan sssesment center untuk mendorong peningkatkan kualitas SDM Polda Kaltara yang memiliki integritas dan kompetensi sesuai dengan jabatan yang ditempati.

“Hilangkan juga jabatan basah dan jabatan kering di lingkup Polri. Sehingga tidak terkesan fungsi yang satu lebih penting dari fungsi yang lainnya,” lanjutnya.

Kapolda juga mengingatkan, untuk senantiasa melaksanakan Binrohtal (pembinaan rohani dan mental) secara rutin kepada seluruh personel yang ada. Ini sebagai salah satu langkah untuk mendapatkan pencerahan tentang masalah keagamaan dan pembinaan hubungan rumah tangga yang harmonis kepada setiap personel.

“Dan yang paling terakhir perlu saya ingatkan, berikan perhatian secara maksimal kepada anggota yang akan memasuki masa pensiun dan berikan bantuan agar personel yang ada di wilayah hukum kita bisa mandiri,” jelasnya.

Orang nomor satu di kepolisian Kaltara itu berharap, Biro SDM Polda Kaltara ini bisa mengumpulkan berbagai pikiran  dan terobosan kreatif dalam rangka membentuk SDM Polda Kaltara yang profesional, berkarakter dan berintegritas.

“Semoga personel Polda Kaltara ini, seperti yang kita harapkan bersama,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Edy Nugroho

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 24 Desember 2018