Kaltim

Perbaikan Jalan Penghubung Antar Desa Gunakan Dana CSR

Monitoring tim pemkab dan DPRD Kukar bersama DPRD Kaltim ke salah satu titik jalan di rehab. (IStimewa)
  • Pimpinan DPRD Tuntut Perusahaan Berkontribusi

TENGGARONG – Tuntutan agar jalan penghubung Desa Jembayan Dalam, Long Anai dan Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu agar segera diperbaiki akhirnya mendapatkan titik terang.

DPRD Kukar dan DPRD Kaltim siap mendukung perbaikan jalan antar desa tersebut menggunakan dana CSR perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Loa Kulu.

“Untuk rehab berat jalan penghubung dari Jembayan Dalam menuju Long Anai dan jembatan di Sungai Payang akan segera diperbaiki,” kata Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun saat Rakor penanganan akses vital jalan desa di Loa Kulu, Kamis (21/1).

Samsun bahkan memberikan waktu selama sepekan kepada perusahaan yang beroperasi di Loa Kulu untuk melakukan perbaikan terhadap jalan dan jembatan. Sebab kedua akses ini sangat vital untuk masyarakat.

“Jika satu minggu kedepan tidak ada realisasi dari perusahaan, maka saya akan pantau lagi. Saya minta Bappeda dan Camat untuk berkoordinasi dan mengkondisikan dengan perusahaan,” tegas politikus PDIP ini.

Samsun menjelaskan perbaikan jalan atau fasilitas umum sudah banyak dilakukan di Kaltim, contohnya seperti di Samboja dan Anggana.

Infrastruktur jalan yang rusak diperbaiki oleh perusahaan secara gotong royong. “Kalau mengandalkan APBD, bisa nunggu satu atau dua tahun, sedangkan kedua obyek vital kerusakannya sudah cukup parah. Jadi harus segera, sudah ada contohnya seperti penanganan menggunakan CSR di Samboja dan Anggana,” jelasnya.

Anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PAN, Baharuddin Demmu mengusulkan agar jangan lagi menawarkan kepada perusahaan terkait mau atau tidak memberikan bantuan.

“Lebih bagus langsung layangkan surat agar mengucurkan bantuannya melalui CSR, lengkap dengan anggarannya. Biasanya perusahaan mau,,” ucap Baharuddin.

Sementara itu, Plt Asisten II Setkab Kukar yang juga Kepala Bappeda Kukar, Wiyono mengaku dalam waktu dekat akan berkoordinasi Dinas PU Kukar terkait perencanaan dan kebutuhan biaya untuk rehab berat jalan dan jembatan tersebut. Apalagi sudah ada intruksi Bupati Kukar, Edi Damansyah agar perusahaan berkenan memberikan bantuan.

“Kalau hitungan sementara, kebutuhan dana perbaikan jembatan sekitar Rp400 juta, sedangkan perbaikan jalan rusak di beberapa titik akan dibantu PT MHU dan beberapa titik lagi akan dilakukan kontraktor awal yang mengerjakan proyek aspal tersebut,” beber Wiyono.

Untuk anggota DPRD Kaltim yang hadir selain Samsun dan Demmu, Elly Hartati, Rima Hartati Ferdian, Sapto Setyo Pramono dan Harunnur Rasid. Sedangkan anggota DPRD Kukar hadir Ketua Komisi I, Supriyadi, Junadi dan Johansyah, ketiga anggota dewan ini berasal Dapil Loa Kulu dan Loa Janan. (*)

Sumber: Koran Kaltim

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah