Politik

Penyelenggara Pilkada KTT Jalani Rapid Test

Petugas verifikasi faktual dirapid test. (Foto: Hanifah)

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Guna menyukseskan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang, KPU Kabupaten Tana Tidung (KTT) menggelar rapid test bagi para petugas verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan, Senin (29/6/2020).

Rapid test juga dilakukan untuk mencegah penyebaran serta penularan corona virus disease 2019 (Covid-19).

Ketua KPU KTT, Hendra Wahyudi menjelaskan kegiatan ini wajib bagi penyelanggara pilkada, meliputi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan sekretariat PPS yang akan melakukan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan mulai Senin (29/6/2020) kemarin hingga 12 Juli mendatang.

“Mereka menjalani rapid test (tes cepat) yang difasilitasi oleh pemerintah, karena mereka akan turun ke lapangan verifikasi faktual selama 14 hari, supaya mereka aman atau dinyatakan sehat dan tidak ada yang terpapar Covid-19 ketika melakukan tugas. Rapid test pun harus dilakukan,” sambung dia.

Sesuai prosedur dari gugus tugas covid – 19, jika ada petugas yang hasil rapid testnya reaktif, dipastikan petugas tersebut akan menjalani isolasi selama 14 hari.

Ketua KPU berharap hasil rapid test seluruhnya negatif sehingga para petugas dapat menjalankan tugasnya semaksimal mungkin sesuai tahapan. (*)

Reporter: Hanifah
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah