Kaltara

Penyebab Kecalakaan, Butuh Analisa dan Rekomendasi KNKT

Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris saat ditemui media, kemarin. (Foto: Rizqy)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Menyoal kecelakaan angkutan air di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengatakan perlu analisa dari pihak yang berkompeten. Dalam hal ini, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Seperti diketahui, kecelakaan dua hari lalu, mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Di mana analisa sementara dari Basarnas diakibatkan pusaran air. Namun, berdasarkan rapat dengar pendapat (RDP) antara Dewan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara, perlu penyelidikan lebih jauh oleh KNKT.

“Kalau diperlukan supaya menganalisa, kenapa sering terjadi kecelakaan laut yang berulang. Kemudian, dari keinginan Dishub hadirkan KNKT dalam waktu cepat harus segera lakukan,” katanya, Selasa (8/6/2021).

Senada dengan Kepala Bidang (Kabid) Pelayaran Dishub Kaltara Datu Iman Suramanggala, keterlibatan KNKT dibutuhkan. Namun, usai dikomunikasikan oleh Kepala Dishub Taupan Madjid, belum ada informasi lanjutan.

“Bukan melibatkan (KNKT), memang wajib. Tapi sudah kami hubungi tadi malam. Saya belum tahu informasi terakhir dari Kadis (kepala dinas). Kita tunggu rekomendasi KNKT seperti apa,” terangnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Eddy Nugroho