Headline

Penularan Covid-19 Masih Didominasi Transmisi Lokal

Jubir Satgas Covid-19 Kaltara Agust Suwandy.

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Di tengah program vaksinasi Covid-19 yang berjalan, penularan Virus Corona masih terus terjadi. Khususnya dari orang per orang yang ada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), yang disebut dengan kasus transmisi lokal termasuk kontak erat.

Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, terdapat 84 orang yang terkonfirmasi positif Virus Corona. Puluhan kasus baru tersebut merupakan tambahan pada hari Senin (25/1/2021).

Sebagian besar tambahan itu, merupakan kasus transmisi lokal dan kontak erat. Meski ada beberapa tambahan kasus dari Klaster RSUD atau tenaga kesehatan. “Paparan transmisi lokal dan kontak erat memang masih cukup tinggi di Kaltara. Penyebabnya karena memang masih kurangnya disiplin terhadap protokol kesehatan,” ujarnya.

Kendati demikian, terdapat pula tambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 140 orang. Masing-masing 114 orang di Tarakan, 13 orang di Nunukan, 7 orang di Bulungan dan 3 orang di Tana Tidung.

“Total kesembuhan di Kaltara sebanyak 4.198 orang. Paling banyak sembuh di Tarakan 2.124 orang. Lalu, Bulungan 998 orang, Nunukan 701 orang, Malinau 300 orang dan Tana Tidung 71 orang,” bebernya.

Adapun kasus aktif di Kaltara juga masih cukup tinggi. Setidaknya masih terdapat 2.301 orang yang terinfeksi Virus Corona dan disebut tengah menjalani perawatan.

“Yang dirawat sebanyak 2.301 orang di Kaltara. Paling banyak di Tarakan 1.460 orang, lalu Bulungan 445 orang, Nunukan 201 orang, Malinau 125 orang dan Tana Tidung 70 orang,” sambung Agust.

Sementara itu, untuk kasus kematian akibat Covid-19 sebanyak 87 orang. Masing-masing di Tarakan 50 orang, Bulungan 24 orang, Nunukan 11 orang, Malinau 1 orang dan Tana Tidung 1 orang. “Sehingga akumulasi positif covid-19 di Kaltara sebanyak 6.586 orang,” tutupnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah