Ruang Publik

Pentingnya Mengembangkan Potensi Diri di Lingkungan Pekerjaan

Wahyu Eko
  • OLEH: WAHYU EKO HANDAYANI, S. Pd., M. Pd

“Setiap orang memiliki potensi yang sama untuk sukses. Perbedaannya adalah seberapa besar motivasi mampu mengalahkan setiap hambatan.” (anonim)

Memiliki karir yang sejalan dengan passion tentu menjadi harapan bagi sebagian besar orang. Namun, ketidakmampuan mengelola dan mengembangkan potensi diri untuk berkarir sesuai dengan passion akan berdampak pada beragam permasalahan dalam pekerjaan. Perasaan tidak nyaman dalam bekerja, dorongan untuk berpindah-pindah pekerjaan. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi pengembangan karir seseorang.

Kebanyakan orang gagal memiliki karir yang cemerlang karena ketidakmampuan mereka dalam mengenali potensi diri apalagi mengembangkannya. Maka penting untuk menemukan kesesuaian diri dan pekerjaan, Setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda. Semua potensi tersebut bila dikembangkan dengan maksimal dapat menjadi peluang besar bagi karier.

Oleh karenanya banyak orang yang berlomba-lomba untuk menggali potensi yang ada pada diri mereka. Mengembangkan potensi yang mereka miliki dalam lingkungan kerja sebenarnya tidaklah susah. Namun, semua itu memang membutuhkan kegigihan dan kerja keras yang berkelanjutan.

Berbicara tentang potensi diri, kemungkinan masih ada sebagian orang yang bertanya “jenis makanan apa sih  potensi diri itu?”, apa artinya dan bagaimana cara mengembangkannya. Potensi diri adalah kemampuan dan keahlian dalam individu yang belum ditemukan dan digunakan dengan maksimal. Potensi yang belum dieksplorasi dan digunakan dengan baik menjadi sia-sia belaka. Oleh karena itu, penting bagi seorang individu terutama karyawan atau para pekerja dalam perusahaan dan organisasi untuk menemukan dan mengembangkan lalu menerapkan potensi terbaik yang ada dalam dirinya.

Setiap manusia punya potensi yang berbeda. Meskipun demikian, ada beberapa manusia yang memiliki kesamaan. Setiap manusia dianugerahi potensi diri yang sangat luar biasa. Menariknya, manusia sendiri terkadang sering tidak mengetahui dengan pasti potensi diri tersebut. Semua potensi tersebut tidak akan bisa muncul dengan sempurna jika tidak dikembangkan dengan baik dan dengan cara-cara yang benar. Tak heran, jika ada potensi diri yang muncul dengan sendirinya dan juga ada yang ahrus dipancing dan digali sehingga akhirnya bisa terlihat dengan jelas.

Lalu, seperti apa pengembangan potensi diri itu? Beberapa tips untuk mengembangkan potensi diri dalam pekerjaan yang akan membuat hidup Anda lebih bermakna antara lain:

1). Kenali Diri Sendiri Secara Mendalam. Banyak orang yang tidak mengenali potensi dirinya karena terlalu sibuk memperhatikan kelebihan orang lain. Sehingga dia disilaukan oleh kehebatan atau kemampuan orang lain yang sudah mampu mengeluarkan potensi dirinya. Jadi, untuk mengembangkan potensi diri, pertama-tama kenali diri sendiri secara mendalam. Coba kembali telaah apa yang sangat Anda sukai. Kira-kira apa yang membuat Anda tidak pernah bosan melakukannya. Itu bisa menjadi acuan dalam mengenali potensi yang ada dalam diri.

Telisik juga apakah Anda sering menjadi pemecah masalah atau punya kemampuan leadership yang mumpuni ketika berada di tengah lingkungan pertemanan. Dengan mengenali diri sendiri lebih dalam, Anda akan lebih mudah mengetahui potensi mana yang bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi hidup Anda.

2). Buatlah Sebuah Tujuan Hidup. Hidup tak akan pernah bermakna jika tidak punya tujuan atau sasaran. Bus atau angkot saja punya tujuan. Apalagi hidup manusia, jelas harus punya tujuan. Dengan memiliki tujuan, maka hidup Anda bakal lebih terarah dan lebih jelas. Semua yang Anda lakukan setiap hari merupakan tahapan yang harus ditempuh demi mencapai tujuan. Setelah tercapai, buat tujuan baru dengan skala yang lebih tinggi. Ketika Anda bisa mencapai tujuan hidup, maka Anda pasti akan merasakan hidup yang lebih bermakna.

3). Selain  mengenali kelemahan dan kelebihan diri, selanjutnya hal yang juga harus Anda cari tahu adalah apa yang benar-benar Anda sukai. Apakah pekerjaan Anda saat ini adalah pekerjaan impian? Seberapa cocok pekerjaan Anda sekarang dengan ketertarikan dan kegemaran Anda. Banyak orang tidak tahu apa minat mereka dan terlalu fokus dengan pendapat orang-orang di sekitarnya.  Padahal mengenali minat akan membantumu menentukan tujuan karier yang Anda inginkan.

Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah karier Anda saat ini sudah tepat, atau Anda perlu menggantinya dari sekarang demi mewujudkan tujuan karier yang Anda cita-citakan. Memilih karier di pekerjaan yang Anda sukai dan cintai akan memberi Anda kekuatan saat menghadapi kesulitan. Selain itu Anda juga akan lebih bersemangat untuk mencapai potensi diri Anda sepenuhnya.

4). Mampu menjalankan tugas dengan benar.  Sangat sulit untuk sukses dalam karier jika Anda bahkan tidak unggul dalam menjalankan tugas-tugas Anda di pekerjaan. Itu sebabnya salah satu cara mengembangkan potensi diridemi kesuksesan karier dapat Anda lakukan dengan mengidentifikasi tugas penting seperti apa yang harus Anda jalankan dalam pekerjaan.

Dari situ Anda bisa tahu bagaimana cara  menggunakan waktu dan mengembangkan keterampilan dengan tepat untuk mengerjakan tugas dengan hasil yang maksimal. Hal ini juga harus Anda lakukan setiap kali pindah kerja. Anda harus mengetahui apa tugas-tugas utama yang harus Anda kerjakan dan bagaimana cara Anda memaksimalkan cara kerja untuk mendorong kesuksesan di posisi baru tersebut.

5). Terus Belajar. Sebagian orang mungkin cenderung berpikir bahwa semua akan beres setelah mendapat pekerjaan. Padahal, untuk sukses Anda harus terus mengembangkan potensi diri dengan belajar. Lagipula sekarang ada banyak cara dan medium yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan setiap saat. Karena itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk bisa terus belajar.

Pembelajaran berkelanjutan penting agar Anda bisa menyesuaikan diri dengan tuntutan pekerjaan dan zaman. Misalnya, dunia yang perlahan-lahan menjadi serba digital juga menuntut Anda untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan digital agar Anda bisa menyesuaikan kemampuan dengan kebutuhan yang ada.

6). Temukan mentor. Cara mengembangkan potensi diri lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan meminta bantuan pada mentor. Saat berada dalam sebuah perusahaan, atasan Anda bisa bertindak layaknya mentor. Tanyakan kepada atasan bagaimana kekurangan Anda dalam bekerja dan cara yang tepat untuk mengatasinya. Namun, atasan tidak menjadi satu-satunya orang yang dapat Anda jadikan mentor. Anda juga bisa menemukan sosok-sosok lainnya yang inspiratif menurut Anda dan layak menjadi mentor bagi perkembangan karier Anda.

6). Percaya pada diri sendiri. Yang terpenting dalam mengembangkan potensi diri adalah bagaimana Anda harus percaya pada diri sendiri. Seringkali orang merasa bahwa mereka tidak layak mendapatkan promosi atau tidak siap untuk menerima tanggung jawab yang lebih. Padahal dengan memiliki kepercayaan diri, Anda bisa mencapai lebih banyak hal dalam peran Anda, termasuk dalam mengembangkan karier dan mencapai kesuksesan seperti yang Anda idam-idamkan.

7). Sebagai manusia kita kerap bereaksi terhadap lingkungan kita. Itu sebabnya jika Anda bergaul dengan pemalas di tempat kerja, kemungkinan besar Anda pun akan secara perlahan melakukan hal yang sama pada pekerjaan Anda walaupun itu sebenarnya bukan bagian dari karakter Anda. Oleh karena itu jika Anda ingin mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier. cobalah kelilingi diri dengan orang-orang yang dapat memotivasi diri Anda dalam mengemban tanggung jawab dan melakukan tugas dengan baik dan tepat waktu.

Demikianlah beberapa cara mengembangkan potensi diri yang bisa Anda lakukan demi mencapai kesuksesan karier.  Ingatlah  bahwa kesuksesan dalam karier adalah sesuatu yang bisa didapat dengan mengejarnya. Karena itu cobalah temukan dan kembangkan potensi diri Anda dari sekarang. (*)

*) Penulis adalah Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Kaltara

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah