Headline

Penimbun Sembako Masih Dalam Intaian

Aparat kepolisian melalui tim Satgas Pangan masih terus mengawasi sembako di pasar. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kapolda Kaltara Irjen Indrajit melalui Kabid Humas Kombes Pol Berliando mengungkapkan, pihaknya hingga saat ini menerima laporan terkait oknum penimbun sembako jelang lebaran idhuladha 2020. Meski belum ada laporan, pihaknya melalui tim Satgas Pangan Polda Kaltara masih terus melakukan patroli di sejumlah pasar serta pusat perbelanjaan lainnya.

“(Laporan penimbun sembako) belum ada laporan. Anggota (tim Satgas Pangan) masih tetap patroli. Kalau memang ditemukan di lapangan, kita langsung proses,” katanya saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Kamis (30/7/2020).

Berliando mengungkapkan, monitoring di pasar-pasar maupun pusat perbelanjaan meski lebaran usai. Tujuannya untuk mencegah adanya spekulan. Terutama oknum-oknum pedagang  secara tiba-tiba menaikkan harga yang tak sesuai aturan.

Apalagi di situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini, oknum-oknum yang memanfaatkan situasi, dalam pengawasan cukup ketat. “Kalau ada spekulan bermain menampung barang ataupun menimbun, tentunya mereka akan berurusan dengan pihak yang berwajib. Kita khawatirkan ada yang memanfaatkan situasi sekarang,” ujarnya.

Para pedagang juga diberikan peringatan agar tak memanfaatkan situasi sekarang demi menerima keuntungan. “Kalau memang ada kelangkaan, pasti kan yang tahu pertama mereka dari pasar dulu. Karena mereka yang akan merasakan. Nah biasanya kalau ada kelangkaan, ada dugaan penimbunan dilakukan. Kalau dalam peringatan hari besar seperti lebaran, biasanya mereka beraksi. Karena pasti akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak,” jelasnya.

Pihaknya mewanti-wanti jika ada permainan dari para tengkulak yang membuat masyarakat resah. Ia meminta masyarakat jika mengetahui ada oknum distributor yang sengaja menimbun sembako, agar segera melaporkan kepada jajarannya. “Kalau ada harga yang tiba-tiba naik, langsung laporkan. Biar anggota yang langsung menindaklanjuti,” tutupnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah