Bulungan

Penilaian Dimulai, Polres Bulungan Menuju Zona Integritas

Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro (kiri) saat menerima kunjungan dari Tim Puslitbang Mabes Polri. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kepolisian Resor (Polres) Bulungan menerima kedatangan Tim Puslibang Mabes Polri pada Senin (22/2/2021). Kunjungan tim dari Mabes Polri itu dalam rangka melakukan penelitian pengukuran tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri yang dilakukan oleh jajaran Polres Bulungan.

Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro, melalui melalui Paur Kasubag Humas Ipda Tutut Murdayanto mengatakan, kegiatan penelitian ini, meliputi untuk menganalisis, memperoleh data, fakta, dan informasi, serta masukan dari masyarakat terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat.

“Terkhusus untuk kinerja dari layanan fungsi Reskrim, Intelkam, Lantas, Binmas dan Sabhara. Jadi lima satker itu memang mendapatkan perhatian penting oleh Mabes Polri dalam hal pelayanan kepada kepada masyarakat,” kata Tutut, Senin (22/2/2021).

Dalam penilaiannya, lanjut Tutut, seluruh Satker telah melakukan penyebaran beberapa kuisioner kepada masyarakat dalam hal ini sebagai responden. Pengukuran tingkat layanan itu, kata dia, sebagai cikal bakal Polres Bulungan menuju zona integrasi yang dicanangkan oleh Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro.

“Tapi biasanya, kalau penilaian zona integrasi itu memiliki tim sendiri. Untuk tingkat kepercayaan, itu beda tim dengan penilaian zona integrasi. Tapi semuanya satu tujuan untuk menuju wilayah bebas korupsi (WBK),” jelasnya.

Selain sebagai langkah menuju zona integrasi, penilaian tingkat keprcayaan itu juga sebagai tolak ukur oleh seluruh jajaran Polres Bulungan. Dengan adanya hasil itu, kata Tutut, seluruh jajaran dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan dari masing-masing.

“Kita juga bisa mengetahui kinerja unit pelayan publik secara periodik, penetapan kebijakan yang perlu diambil  dan upaya tindak lanjut yang perlu dilakukan. Jadi semuanya berkesinambungan. Dari hasil penilaian tingkat kepercayaan ini, akan dilakukan evaluasi terutama untuk kekurangan dalam memberikan pelayanan,” jelasnya.

Tutut mengatakan, untuk memperoleh data kepuasan masyarkat atau publik terhadap kinerja Polri harus sesuai dengan fakta. Kemudian harus dilakukan dengan memperhatikan prinsip. Di antaranya transparan, partisipatif, akuntabel, berkesinambungan, berkeadilan dan netralitas.

“Untuk memenuhi unsur kepuasan masyarakat meliputi syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif,” bebernya.

Kemudian mekanisme dan prosedur tata cara pelayanan yang dilakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan termasuk pengaduan. Lalu jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan.

“Termasuk juga ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus atau memperoleh pelayanan. Jenis pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang diterapkan. Kemampuan yang harus dimilik oleh pelaksana meliputi pengetahuan keahlian keterampilan dan pengalaman,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ramlan
Editor: Eddy Nugroho

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah