Headline

Pengumpulan Zakat Harta Diharap Lebih Maksimal saat Ramadan

Salafa Hepa

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pengumpulan zakat harta dari umat muslim, diharap bisa lebih maksimal saat bulan Ramadan. Demikian disampaikan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalimantan Utara, H. Salafa Hepa, Rabu (7/4/2021).

Menurut Salafa, pengumpulan zakat harta sebenarnya tidak perlu menunggu datangnya Ramadan. Namun, sebagian umat muslim rata–rata menunggu momen tersebut untuk menunaikannya.

“Zakat harta sebenarnya tidak harus menunggu Ramadan. Sudah bisa juga ditunaikan sekarang ini apabila ketentuannya sudah cukup,” kata Salafa.

Mengenai Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) Nomor 3 Tahun 2021 yang juga meliputi panduan pengumpulan dan penyaluran zakat, Baznas Kaltara siap mengikutinya. Beberapa penyesuaian kembali akan dilakukan di lapangan.

“Mengumpulkan zakat ini kan interaksi antarmanusia, kontak fisik secara langsung. Sementara protokol kesehatan harus menjaga jarak, memakai masker dan tidak melakukan kontak fisik langsung, atau physical distancing,” paparnya.

“Sesuai surat edaran, otomatis kita akan melakukan penyesuaian–penyesuaian,” imbuh Salafa.

Sejumlah upaya optimalisasi zakat di Ramadan sudah disiapkan Baznas Kaltara. Sehingga pengumpulan bisa mencapai target yang ditentukan. “Kita akan mengupayakan pengumpulan zakat lebih maksimal lagi. Salah satunya, bisa juga seperti tahun lalu, bekerja sama dengan Pemprov Kaltara untuk zakat dari ASN,” jelasnya.

Sementara itu, realisasi penyaluran zakat di triwulan I sebesar Rp125 juta. Antara lain ditujukan untuk bantuan biaya berobat umat muslimin yang miskin, bantuan untuk korban bencana di Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Kabupaten Nunukan, biaya persalinan mualaf.

Selanjutnya, bantuan biaya pendidikan tugas akhir untuk umat muslim kategori miskin, bantuan korban kebakaran di Jalan Gelatik dan bantuan biaya operasi umat muslim kategori miskin.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah