Nunukan

Penghulu Wajib Menolak Menikahkan Calon Pengantin yang Melanggar Protokol Kesehatan

Pasangan pengantin yang menikah di KUA Nunukan. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Penghulu wajib menolak menikahkan calon pengantin apabila ada pelanggaran protokol kesehatan di masa new normal diterapkan nanti. Hal itu merupakan salah satu poin dalam Surat Edaran Bimas Islam Kementerian Agama RI tentang pelayanan nikah menuju masyarakat produktif aman Covid – 19.

Kepala KUA Kecamatan Nunukan, Salahuddin mengatakan, dalam surat edaran itu ada delapan poin lainnya yang mengatur tentang akad nikah.

Poin-poin tersebut, di antaranya adalah, layanan pencatatan nikah di KUA dilaksanakan pada hari dan jam kerja. Daftar nikah dapat dilakukan via online, telepon, email atau datang langsung ke KUA. Pendaftaran, pemeriksaan dan pelaksanaan akad nikah dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selanjutnya, akan nikah bisa dilangsungkan di KUA atau di luar KUA. Diketahui, sebelum masa new normal, akad nikah disarankan hanya di KUA.

Kemudian, peserta prosesi akad nikah di KUA atau di rumah, maksimal 10 orang, untuk di masjid atau di gedung pertemuan maksimal 20 persen dari kapasitas ruangan dan tidak lebih dari 30 orang.

Selanjutnya, KUA mengatur waktu, tempat, petugas, calon pengantin agar protokol kesehatan berjalan dengan baik. Terakhir, Kepala KUA berkoordinasi dengan pihak terkait atau aparat keamanan agar pelaksanaan akad nikah diluar KUA berjalan sesuai protokol kesehatan.

Sementara itu, selama pandemi Covid-19 atau selama enam bulan, sejak bulan Januari sampai dengan hari ini Rabu (17/6/2020), sudah ada 145 pasangan calon pengantin menikah di KUA Nunukan.

Salahudin menjelaskan, jika dibandingkan dengan tahun 2019, jumlah yang menikah di KUA terus mengalami peningkatan, terutama setelah Lebaran Idulfitri.

“Ada peningkatan, tapi bukan hanya berkaitan dengan tatanan new normal, tapi juga tradisi. Setiap habis Lebaran, permintaan akad nikah pasti banyak. Begitu dari tahun ke tahun,” ujar Salahuddin. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi Imbauan Pemerintah