Ekonomi Bisnis

Penggunaan Gas Pelanggan Meningkat 10 Persen sejak Maret

Bramantya Pradana Saputra

TARAKAN, Koran Kaltara – Sejak pandemi Covid-19 Maret lalu sebagian masyarakat melakukan aktivitas di rumah. Hal ini cukup berpengaruh dengan penggunaan gas rumah tangga yang malah turut mengalami peningkatan.

Sales Representative Perusahaan Gas Negara (PGN) Tarakan Area Tarakan, Bramantya Saputra menuturkan jumlah pemakaian masyarakat untuk gas rumah tangga mulai mengalami kenaikan, sejak Maret.

“Kalau melihat dari data volume beli kami ke pemasok gas ke Medco dan Pertamina EP. Kan kami sama-sama punya meterannya. Mereka punya meteran, kami juga punya. Ini yang jadi acuan, sama persis antara pelanggan dengan saya,” katanya, dihubungi Rabu (9/9/2020).

PGN Tarakan membeli gas, di periode pandemi Covid-19 ini meningkat hingga mencapai 10 persen. Kalau biasanya di angka 13.800 m3 per hari, selama pandemi jumlah gas yang terpakai ke masyarakat antara 14.900 m3 hingga 15.000 m3.

Namun, di akhir pekan Sabtu dan Minggu bisa sampai 15.000 m3 lebih per hari.  “Kalau sebelum pandemi, di akhir pekan itu cuma 14.000 m3 per hari maksimal. Karena, kan banyak orang di rumah,” tuturnya.

Pengguna gas dari PGN, disebut Bramantya dari kafe tidak banyak pemakaian. Justru pemakaian terbanyak dari pelanggan rumah tangga.

Bahkan, di saat akhir pekan, untuk penggunaan gas di rumah makan jauh di bawah pemakaian gas untuk pengguna rumah tangga.

Sejak Agustus lalu, jumlah pemakaian gas sudah menurun di angka 14.500 m3 per hari. Namun, ia mengaku angka ini masih lebih tinggi dari angka normal yang sebelum Maret berkisar 13.800 m3.

Namun, ia mengungkapkan saat ini juga ada proses gas in yang dibangun di tahun 2018 sedang berlangsung juga dan masih kontinyu. Berarti, jumlah volume gas yang keluar ikut bertambah.

Nanti, setelah proses gas ini selesai, kata Bramantya, baru bisa dipastikan apakah masa pandemi ini sangat mempengaruhi kenaikan penggunaan gas.

“Karena ada penambahan jumlah pelanggan juga, jadi pemakaian gas lebih banyak. Nah, ini yang masih belum ketahuan. Apakah karena ada penambahan pelanggan baru atau memang tren masyarakat masih banyak yang di rumah. Jadi, angka menurun di 14.500 m3 ini apakah tertolong karena warung makan sudah dibuka,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah