Hukum Kriminal

Pengetap Beraksi Lagi, Polisi Masih Diam

Meski sempat diberikan tindakan tegas, namun pengetap disinyalir kembali beraksi disejumlah SPBU. (Foto : Dok/Koran Kaltara)
  • Belum Ada Rencana Penindakan, Covid-19 jadi Penghalang

TANJUNG SELOR,Koran Kaltara – Tindakan tegas pihak kepolisian yang telah mengamankan puluhan kendaraan yang diduga digunakan untuk mengetap BBM beberapa waktu lalu, sepertinya belum memberikan efek jera bagi para pelakunya. Buktinya, aktifitas oknum pengetap kembali beraksi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Ibukota Kaltara, Tanjung Selor.

Hal itu juga diakui oleh Kabag Operasi Polres Bulungan, AKP Ridwan saat ditemui Koran Kaltara, Jum’at (29/5/2020) di Kantor Bupati Bulungan. “Kalau informasinya, memang iya (pengetap kembali beraksi). Anggota kita sendiri juga memang sudah ada yang memberikan informasi mengenai aktifitas pengetap itu,” ungkapnya.

Kembalinya aksitifitas pengetap di sejumlah SPBU itu, kata dia, akan segera dilaporkan ke pimpinan. Dalam hal ini kepada Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro. Terutama mengenai langkah-langkah tegas yang akan diambil. Namun untuk sementara waktu, kata dia, pihaknya akan fokus pada penanganan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Bumi Tenguyun-sebutan lain Bulungan.

“Nanti akan kita laporkan ke Kapolres juga mengenai hal ini. Kita juga harus menganalisa dulu. Karena kita tahu sendiri, situasi sekarang ini masih ada oandemi virus corona. Jangan sampai kita menindak sekarang, malah menimbulkan gejolak yang baru,” katanya.

Disinggung soal tindakan dengan mengamankan kendaraan pengetap tak memberikan dampak, ditepisnya dengan tegas. Menurut dia, apa yang dilakukan kepolisian beberapa waktu lalu sangat memberikan dampak bagi aktifitas pengetap di beberapa SPBU.

Ia mengklaim jika aktifitas pengetap di SPBU sudah semakin berkurang sejak tindakan tegas yang dilakukan jajarannya beberapa wakti lalu. “Bukannya tidak memberikan dampak. Dampaknya ada, tapi kita akui belum maksimal. Karena kalau kita lihat, aktifitasnya (pengetap) sudah sedikit berkurang. Memang masih ada, tapi tidak sebanyak sebelum ada tindakan kita,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan Ridwan, pihaknya belum merencanakan akan kembali melakukan penindakan tegas di SPBU terhadap keberadaan pengetap tersebut. Namun maklumat yang dipasang sebelumnya, tetap akan berjalan. Artinya, keberadaan BBM di Bulungan ini tetap akan menjadi perhatian dari pihak kepolisian.

“Kalau maklumat yang kemarin, tetap akan berjalan. Kita tinggal tunggu waktu aja untuk kembali bertindak. Karena kita masih fokus pada pencegahan Covid-19 ini. Kalau situasi sudah normal lagi, kita pasti akan tindak semua. Karena keberadaan BBM ini tetap jadi perhatian kita,” tutupnya. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah