Bulungan

Pengelolaan Dana Desa Kerap Salah Salur

Mayjen TNI (Purn) Dody Usodo Hargo

TARAKAN, Koran Kaltara – Pemberian dana desa oleh pemerintah pusat memiliki tujuan untuk pemerataan pembangunan, atau membangun Indonesia dari desa. Anggaran yang bersumber dari APBN tersebut digunakan sebagai modal untuk membangun daerah terutama yang berada di pelosok negeri.

Selama ini, tersiar kabar mengenai adanya indikasi penyelewengan dana desa. Namun Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Penanggulangan Bencana, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan  Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Dody Usodo Hargo, menegaskan tidak ada penyelewengan, yang ada adalah salah salur.

“Kalau penggunaan dana desa sudah ada BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan). Kalau penggunaan dana desa terjadi penyelewengan, sudah ada pendamping. Dari sekitar 74 ribu desa, memang baru ada 34 ribu pendamping desa. Sekitar 40 persen yang sudah terpenuhi,” terangnya, Senin (19/10/2020).

Keberadaan pendamping juga dapat mengarahkan penyaluran dan bagaimana penggunaannya untuk seminimal mungkin mengurangi terjadinya kesalahan dalam penyaluran dana desa. Ia mengungkapkan, untuk desa di Kaltara, dipastikan penggunaannya sudah sesuai perosedur.

“Di Kalimantan Utara ini sampai sekarang tidak ada penyelewengan, dan kita juga tidak pernah menerima laporannya. Ada gak kepala desa yang ditangkap karena salah menggunakan dana desa?, tidak ada kan. Karena orang desa, kampung-kampung itu sejatinya lebih jujur,” ungkapnya.

Selama ini, pengawasan dana desa dilakukan secara baik oleh aparat penegak hukum, maupun BPKP. Selain itu, juga perlu adanya pemberdayaan masyarakat untuk melakukan pengawasan secara partisipatif.

“Di jajaran TNI/Polri dari ujung sana sampai ke sini tidak mungkin melakukan pengawasan. Makanya kita dorong pendampingan. Sehingga penggunaan anggaran akan tercukupi dan dilakukan secara proporsional. Partisipasi masyarakat dalam pengawasan program pemerintah juga sangat efektif dilakukan,” tandasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Nurul Lamunsari

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah