Headline

Penerimaan Negara Bukan Pajak Turun Drastis

Kepala KPKNL Tarakan Guntur Sumitro saat ditemui media, Selasa (19/1/2021). (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Tahun 2020 tampak turun drastis jika dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Tarakan, Guntur Sumitro, total capaian 2020 sebesar Rp9,6 miliar. Padahal capaian Tahun 2019 sebesar Rp281,5 miliar.

Diketahui PNBP terdiri dari beberapa komponen, yakni PNBP lelang, PNBP piutang negara dan PNBP pengelolaan BMN (Barang Milik Negara). Guntur Sumitro menerangkan, bahwa capaian di masa pandemi covid-19 memang mengalami penurunan dari semua komponen tersebut.

“Yang kemarin (2020) target pemanfaatan dan pengelolaan PNBP tak tercapai. Terbantu dari penjualan barang rampasan dari kejaksaan. Untuk pengelolaan aset (BMN) ke pihak ketiga, misalnya aula yang disewakan. Tapi itu juga tidak maksimal karena ada Covid-19. Terus, biaya lelang juga begitu. Tidak ada pengajuan karena bank debitur penagihan ditunda,” jelasnya, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut, terhadap target capaian di Tahun 2021 juga mengalami penurunan yang signifikan. Dimana KPKNL Tarakan yang menaungi wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) mengusulkan target PNBP sebesar Rp1,8 miliar. Namun ditegaskan Guntur, bahwa target itu belum final.

“Sebenarnya kalau target tahun ini di Tahun 2021, kita diminta pusat atau kanwil (kantor wilayah) untuk usulkan target. Tentu kita minta target serendah-rendahnya. Tapi kantor pusat nanti tidak mungkin menurunkan target. Biasanya minimal sama dengan tahun sebelumnya atau sama dengan capaian,” tuturnya.

Oleh karena itu, sambungnya, untuk target capaian tahun ini masih menunggu pembahasan dari pusat. Setelah ditetapkan, pihaknya akan memaksimalkan pendapatan non pajak tersebut.

“Ada tiga strategi pencapaian target Tahun 2021. Pertama, melaksanakan koordinasi dan pembinaan terkait pengelolaan BMN. Kedua, melakukan penagihan kepada debitur secara optimal. Ketiga, pengadaan penggalian potensi lelang,” terangnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah