Politik

Penentuan Parpol Peserta Pemilu Pada 14 Desember

Nasruddin

TARAKAN, Koran Kaltara – Tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 sudah mulai dilakukan.

Pada saat ini memasuki tahapan pendaftaran partai politik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Nantinya KPU yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota akan melakukan verifikasi administrasi maupun faktual, sebagai dasar penetapan parpol yang berhak menjadi peserta Pemilu 2024.

Terdapat 39 parpol yang saat ini terdaftar di Kemenkumham. Oleh karena itu KPU terus melakukan koordinasi guna menyosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang proses pendaftaran dan verifikasi.

“Kita sudah lakukan, kemarin ada belasan parpol yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, bagaimana model pendaftaran dan seperti apa verifikasinya nanti,” terang Ketua KPU Tarakan, Nasruddin, Senin (1/8/2022).

Lebih lanjut dikatakan Nasruddin, bahwa pihaknya nantinya akan melaksanakan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, karena ini dilakukan hingga KPU tingkat kabupaten/kota.

Setelah KPU RI melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya dilakukan verifikasi di tingkat daerah.

“Pada tanggal 14 Desember nanti sudah ada parpol peserta pemilu, nah prosesnya itu dimulai dari sekarang sampai penetapan parpol. Selain melakukan kegiatan formal, kita juga terbuka bagi pengurus parpol yang ingin berkonsultasi atau ingin bertanya soal PKPU terbaru ini, kita akan lakukan kegiatan sosialisasi secara berkelanjutan,” ungkapnya. (*)

BACA JUGA:

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment