Headline

Penempatan Transmigran 2021 Menunggu Keputusan Pusat

Lokasi Transmigran - Tampak wilayah pemukiman warga transmigran di Bulungan. (Foto : Dok/Koran Kaltara)
  • Pemerintah Batalkan Pemberangkatan 50 KK Tahun Ini

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Penempatan warga transmigrasi di Kalimantan Utara pada tahun 2021, masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Yakni melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa – PDTT).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara, Armin Mustapa melalui Kepala Bidang Transmigrasi, Boedijo Soenarno, sebelumnya menjelaskan, pandemi covid-19 membuat pemberangkatan transmigran tahun ini dibatalkan. Berikut juga dengan pembangunan area pemukiman mereka beserta kelengkapannya.

“Di 2020 ini, karena ada pandemi wabah covid-19, itu dibatalkan. Termasuk pembangunan pemukimannya. Untuk di tahun 2021, kita masih juga menunggu. Karena kaitannya dengan pandemi dan protokol kesehatan, pengerahan masa kan tidak diperbolehkan,” kata Boedijo saat ditemui di kantornya, Jumat (27/11/2020).

Lanjut dia, seyogyanya ada 50 KK yang direncanakan menjadi warga transmigran tahun ini. Penempatannya di Satuan Pemukiman (SP) 10 Tanjung Buka – Kabupaten Bulungan. Seluruh calon transmigran berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Tahun ini rencananya ada 50 KK yang diberangkatkan, mereka dari Jogja. Kategori Transmigran Penduduk Asal,” imbuhnya.

Boedijo memperkirakan kuota transmigran tahun depan masih sama dengan tahun ini. Namun tidak menutup kemungkinan angkanya mengalami penambahan atau pengurangan. “Kita juga masih menunggu untuk (kuota) 2021 kalau memang ada. Apakah tetap 50 KK seperti tahun ini atau ada tambahannya,” ujar Boedijo.

Menurut dia, Kaltara memang menjadi salah satu provinsi yang menjadi daerah penerima tujuan transmigrasi di Indonesia. Pihaknya mencatat,  hingga tahun 2019 terdapat 1.130 KK transmigran yang tersebar di 13 lokasi penempatan. Yakni 10 titik di Kabupaten Bulungan, 2 titik di Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan 1 titik di Kabupaten Nunukan.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah

About the author

Koran Kaltara

33 Comments

Click here to post a comment