Headline

Pendidikan Harus Ciptakan SDM Berkualitas

Sebelum Pandemi – Tampak kegiatan siswa SMA sederajat sebelum pandemi covid-19. (Foto : Dok/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Layanan pendidikan yang diberikan kepada masyarakat harus bisa membentuk sumber daya manusia berkualitas, unggul dan berdaya saing. Demikian disampaikan Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie dalam pembukaan Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan 2020, Senin (21/9/2020).

Irianto menyampaikan, semua pihak di dunia pendidikan, penting untuk memahami tugas dan peran mereka. Masing-masing harus bisa mengimplementasikannya dengan maksimal.

“Tentang pentingnya pendidikan, pentingnya peran guru, peran kepala sekolah, peran pengawas hingga peran siswa, semua sudah sering terdengar. Setiap acara diulang-ulang, tapi implementasinya ini masih sangat sedikit. Jadi tugas kita itu di sini untuk mengubahnya,” desak Irianto.

Dia berharap layanan pendidikan yang dihadirkan bisa membentuk pola pikir dan perilaku siswa yang berorientasi pada kemajuan. Sehingga mereka bisa berkontribusi terhadap pembangunan daerah nantinya.

“Pendidikan harus bisa menghasilkan perubahan mindset dan perilaku. Itu yang paling sulit memang. Tapi itu yang paling utama dibutuhkan saat ini. Generasi penerus yang mau berpikir dan berusaha untuk berupaya terbaik bagi negaranya, bagi daerahnya,” jelasnya.

Gubernur menyadari jika dua hal tersebut membutuhkan proses yang lama. Sehingga tenaga pendidik dan kependidikan harus bisa sabar dan telaten dalam bertugas.

“Para guru-guru harus bisa sabar. Karena guru ini menjadi kunci. Kalau bagus dan teladan, berpengaruh sekali kemajuan peserta didiknya. Apalagi Kepala Sekolah yang sebagai pemimpin. Harus bisa terus membangun inovasi untuk kemajuan pendidikan,” kata Irianto.

Secara umum, Irianto menyampaikan, perkembangan layanan pendidikan di Kaltara sudah jauh lebih baik dibanding tujuh tahun sebelumnya. Beberapa siswa pun sudah banyak yang bisa mengakses berbagai jurusan di perguruan tinggi negeri luar daerah yang belum tersedia di Kaltara.

“Sekarang sudah banyak anak-anak kita yang bisa mengambil jurusan di UI (Universitas Indonesia), ITB (Institut Teknologi Bandung), Institut Pertanian Bogor (IPB) karena ada MoU yang kita buat dengan rektor di sana. Anak-anak kita juga mulai banyak yang tembus ke luar negeri karena kita juga buat jalan ke situ,” papar Irianto.

Di samping itu, fasilitas pendidikan dan kesejahteraan tenaga pendidik terus ditingkatkan secara merata. Dengan begitu, diharapkan bisa mendukung semangat guru dan siswa dalam menjalani kegiatan belajar mengajar.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah