Bulungan

Pendaftaran BPUM Berakhir Hari Ini

UMKM - Tampak pelaku usaha mikro di Pasar Induk Tanjung Selor. (Foto : Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pendaftaran mandiri Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dijadwalkan hingga hari ini. Atau di akhir pekan ke dua September 2020. Demikian dikonfirmasi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kalimantan Utara, Hartono.

Berkaitan dengan hal tersebut, ia mengingatkan pelaku usaha mikro yang belum terdata bisa mendatangi Kantor Disperindagkop di kabupaten dan kota. Sehingga bisa masuk dalam data usulan calon penerima bantuan. “Sesuai Surat Edaran yang dikeluarkan Kementerian, batas waktu pendaftaran memang di akhir pekan ke dua bulan ini. Kita tentu berharap pelaku usaha yang sesuai kriteria bisa mendapatkannya,” kata Hartono saat diwawancara Koran Kaltara, Kamis (10/9/2020).

Hingga akhir pekan lalu, dikatakan Hartono jumlah pendaftar hampir mencapai 6.000 pelaku usaha. Dari jumlah tersebut, sudah ada 4.938 pendaftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang lolos tahap verifikasi di Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM). “Kalau data yang disampaikan Sabtu kemarin, ada 4.938 usaha mikro sudah lolos verifikasi dan memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan. Hampir 80 persen jadinya yang memenuhi kriteria,” ungkapnya.

Kembali dijelaskan Hartono, terdapat kriteria penerima bantuan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan. Baik yang bersifat  umum atau khusus.

Pelaku usaha yang  lolos harus memenuhi kriteria dari kementerian. Baik umum atau khusus. Semisal nomor kependudukannya tepat , belum pernah pinjam di bank, saldo di ATM-nya di bawah Rp2 juta, dan lainnya,” ungkap Hartono.

Sebagaimana diketahui, BPUM merupakan salah satu program pemulihan ekonomi yang digulirkan pemerintah pusat. BPUM menyasar pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi covid-19. Nantinya, pendaftar yang memenuhi kriteria akan mendapat bantuan senilai Rp2,4 juta.

Nominal rupiah yang didapat harus digunakan untuk menambah modal usaha mereka. Sehingga geliat perekonomian bisa berputar lebih cepat. BPUM juga mengimbangi program bantuan yang sebelumnya digulirkan untuk masyarakat yang daya belinya terdampak pandemi covid-19.(*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Eddy Nugroho

 

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah

About the author

Avatar

Koran Kaltara

1 Comment

Click here to post a comment

  • Tiba2 tutup bukanya g infokan kapan trus cuman kabupaten Bulungan saja yang g mengedarkan link pendaftaran secara online knp?ko g da petugas lapangan yang mensosialisasikan pembukaan tahap 3,,tutupnya kapan bukanya kapan?🤔🤔🤔