Bulungan

Penataan Pasar Induk Dilakukan Bertahap

Aktivitas para pedagang pasar Induk Tanjung Selor. (Foto : Dok/Koran kaltara)
  • Sesuaikan Anggaran, Pemkab juga Lakukan Pembinaan Pedagang

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Penataan pasar di Bulungan saat ini masih menjadi prioritas Pemkab Bulungan, melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop). Selain Pasar Induk, beberapa pasar lain di Tanjung Selor, seperti pasar sore dan pasar pagi juga menjadi fokus perhatian.

Bupati Bulungan Sudjati mengatakan, selain melakukan upaya penataan, Pemkab juga akan terus memperbaiki pengelolaan, serta pembinaan bagi para pedagang yang ada di pasar. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

“Pembinaan pasti terus dilakukan. Di samping kita juga berupaya melakukan penataan dan perbaikan sejumlah fasilitas pasar, meskipun masih dengan skala kecil-kecilan. Karena menyesuaikan dengan kondisi anggaran kita,” ujarnya.

Bupati menegaskan, penataan dan perbaikan pengelolaan pasar akan akan terus dilakukan Selain tujuannya untuk kenyamanan konsumen, juga untuk ketertiban para pedagang di pasar.

“Teknisnya ada di Disperindagkop, sejauh ini pengelolaan sudah cukup baik. Sehingga tinggal perlu memaksimalkan apa yang ada. Kemudian untuk para pedagang kita juga berharap kerjasamanya menjaga fasilitas, dan kebersihan. Sehingga nantinya pasar tidak terkesan kumuh,” sebutnya.

Selain mengimbau mejjaga pasar, ia juga meminta dengan kondisi saat ini, para pedagang agar berperan dalam menggerakan ekonomi daerah, sebagai salah satu pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) di Bulungan.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop dan UMKM Bulungan Hj Murtina mengatakan, berkaitan dengan perbaikan fasilitas pasar, dilakukan secara bertahap. Seperti di Pasar Induk, saat ini sedang dilakukan perbaikan sanitasi.

Sementara untuk perbaikan secara keseluruhan khususnya pasar induk misalnya, belum bisa dilakukan. Begitu pun dengan rencana relokasi sejumlah pasar untuk bisa di satu area, juga masih berproses.

“Untuk merelokasi maka otomatis harus ada tempat dahulu. Memang sebelumnya sempat diwacanakan relokasi salah satunya pedagang pasar sore itu juga  di daerah Pasar Induk, tapi itu belum. Kita siapkan dulu tempatnya,” imbuh Murtina. (*)

Reporter: Nurjannah

Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah