Politik

Pemutakhiran Data Pemilih Dilakukan Setiap Hari

Pleno pemutakhiran data pemilih dilakukan setiap bulan dengan mencocokkan data setiap hari. (Foto : Istimewa)

TARAKAN, Koran Kaltara – Pemutakhiran data berkelanjutan, untuk jumlah pemilih di Tarakan masih dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan, sesuai instruksi dari KPU RI melalui Surat Edaran (SE) No. 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021.

Ketua KPU Tarakan, Nasruddin menuturkan, KPU kota diwajibkan melalukan pemutakhiran data berkelanjutan. Namun, berbeda dengan sebelumnya, KPU hanya melakukan pemutakhiran data pada saat ada tahapan Pemilu atau Pilkada.

“Sekarang ini, agar data semakin akurat, dilakukan Pemutakhiran Data Berkelanjutan (PDB) secara terus menerus, setiap hari,” ujarnya, Jumat (4/6/2021).

Teknisnya, kata dia, masyarakat bisa langsung ke KPU. Selain itu, KPU juga intens berkomunikasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), TNI dan Polri terkait data yang sudah memiliki hak pilih karena sudah pensiun atau tidak memiliki hak pilih karena masih berdinas aktif.

Kemudian dengan Dinas Pendidikan terkait data siswa yang sudah berusia 17 tahun ke atas agar bisa masuk dalam daftar pemilih.

Sebaliknya, data yang berpotensi tidak memenuhi syarat (TMS), misalnya meninggal dunia, juga diperbaiki.

“Idealnya pihak keluarga melaporkan ke kami, jadi data orang meninggal ini tidak masuk lagi. Setiap tahun ada saja data meninggal,” imbuhnya.

Data yang terus diperbaharui setiap hari ini, akan dipleno internal setiap bulan untuk update data yang ada. Diperkirakan setiap bulan ada perubahan data pemilih.

“Jumlahnya akan berubah terus setiap bulannya. Mungkin hari ini akan berubah lagi, karena kita mau plenokan lagi,” ungkapnya.

Ia berharap masyarakat massif, menyampaikan dan menginformasikan, agar jumlah pemilih akurat. Terlebih lagi, setiap pemilihan suara yang selalu dipersoalkan peserta maupun masyarakat adalah daftar pemilih.

Meski update pemilih setiap hari, namun masyarakat yang melaporkan keluarga yang meninggal dunia hingga pindah domisili atau sudah memiliki hak suara, masih minim. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Ketua RT yang ada di Tarakan untuk membantu pemutakhiran data pemilih.

“Dengan update data pemilih ini, bisa meminimalisir isu-isu terkait dengan daftar pemilih tidak valid, ganda, tidak memenuhi syarat dan lainnya. Sehingga data pemilih kita bersih setiap tahapannya,” ungkapnya. (*)

Reporter: Sahida

Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah