Malinau

Pemkab Respons Positif Permohonan Izin PLTA Pujungan

Bupati Malinau, Wempi W Mawa

MALINAU, Koran Kaltara – Pemkab Malinau merespons positif permohonan izin lokasi pertimbangan tata ruang untuk rencana pembangunan PLTA di Kecamatan Pujungan.

Bupati Malinau Wempi W Mawa menyampaikan, bahwa sebenarnya izin lokasi rencana pembangunan PLTA di Kecamatan Pujungan tersebut telah terbit di era pemerintahan  sebelumnya.

“Kita sudah mengikuti  proses MoU yang dilaksanakan perusahaan,” ujar Wempi melalui virtual zoom bersama PT Kayan Bahau Listrindo, Rabu (28/7/2021) lalu.

Saat itu, kata dia, pemkab maupun DPRD Malinau menyambut baik rencana pembangunan PLTA. Lokasinya di Sungai Bahau dan Sungai Mentarang.

“Respons perwakilan masyarakat di sepanjang Sungai Bahau dan Pujungan sangat positif. Termasuk dukungan dari DPRD,” katanya.

Menurut dia, proses periizinan dari sisi regulasi tidak banyak berubah. “Terlebih izin sudah pernah dikeluarkan.  Tetapi progresnya perlu diketahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan di lapangan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, apabila progresnya sudah berjalan, maka proses izin perlu diperpanjang karena pelaksanaan memerlukan waktu.

“Izin diperpanjang, sepanjang memang ada progres di lapangan atau tahapan-tahapan sudah dilakukan,” jelasnya.

Apalagi, kata dia, ada perubahaan Undang-Undang Omnibus Law,  yang menjadi sentral dalam seluruh proses perizinan.

“Secara otomatis, regulasi mengalami perubahan.  Bagian inilah yang harus dilakukan,” ujarnya.

Prinsipnya, kata dia, Pemkab Malinau memberikan dukungan penuh terhadap investasi yang sudah pernah mengajukan izin, baik tingkat kabuoaten, pemprov dan pemerintah pusat.

“Intinya sekarang,  bagaimana proses perizinan ini kembali dan dapat dipenuhi sesuai ketentuan yang baru. Terutama menyangkut teknis. Kami persilahkan pihak perusahaan melengkapi lagi dokumen-dokumennya,” ungkapnya.

Wempi berharap ke depan segera diwujudkan. Apalagi, investasi PLTA memberikan kontribusi secara nyata. “Karena energi ini, memang sangat dibutuhkan Malinau,” ucap dia. (*)

Reporter: Sollaimansyah
Editor: Sobirin