Nunukan

Pemindahan Jalur Pipa Distribusi, Pasokan Air Bersih akan Terganggu

Persiapan pemindahan pipa distribusi PDAM di Jalan Pong Tiku. (Foto: Istimewa)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Pasokan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Nunukan di sejumlah wilayah di Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan akan terganggu akibat adanya pemindahan pipa distribusi utama 400 mm (16 inchi).

Terhentinya pasokan air sementara akan terjadi pada Senin (25/1/2021) mulai pukul 09.00 Wita sampai selesai pekerjaan.

“Gangguan suplai air karena pekerjaan pemindahan jalur pipa distribusi utama 400 mm (16 inc) di Gereja Katolik, Jalan Pong Tiku. Dimohon menampung air seperlunya sebelum aliran air terganggu,” ujar Direktur PDAM Tirta Dharma Nunukan, Masdi, Jumat (22/1/2021).

Ia mengatakan, selama proses pekerjaan itu dilakukan, sejumlah wilayah akan mengalami gangguan pasokan air bersih.

Wilayah yang terdampak di antaranya Jalan Fatahillah, Pong Tiku, Teuku Umar, H. Sumang, Bukit Cinta, Fasabillah, Pesantren Imam Bonjol, Antasari, Angkasa, Arif Rahman Hakim, Borneo, Pangkalan dan Pelabuhan Baru. Kemudian jalan Muh. Hatta, Porsas, Lumba-lumba, Pattimura, Sei. Sembilan, Pesantren Hidayahtullah, Kampung Tidung, Gang Damai, Selisun, Mambunut, Simpang Kadir, Ujang Dewa dan Sei Limau.

Sementara itu, Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Dharma Nunukan, Sulianto menambahkan, pekerjaan pemindahan jalur pipa dimulai hari ini dengan penataan untuk pengerukan lahan sedalam 2 meter lebih.

Kemudian, diperkirakan hari Senin nanti pemotongan pipa dan langsung penyambungan. Diharapkan dalam satu hari itu, dengan pekerjaan nonstop bisa selesai.

“Mudah-mudahan clear (rampung) di hari Senin karena pekerjaannya di mulai hari Jumat. Sebenarnya ini sudah lama direncanakan dan memang pihak Gereja Katolik meminta untuk perapian pipa PDAM, karena pipa distribusi utama masuk dalam area gereja,” jelas Sulianto.

Dia mengatakan, setelah selesai penyambungan pipa, seperti biasa untuk pendistribusian air membutuhkan waktu karena harus mengisi ulang pipa distribusi mulai dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Persemaian. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan