Politik

Pemilih di Bulungan Menjadi 97.729 Orang

Mistang
  • Setelah Dua Kali Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan beberapa waktu lalu tengah aktif melakukan rekapitulasi daftar pemilih secara berkelanjutan. Hal itu berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor Nomor 3668/PL.02.1 SD/01/KPU/IV/2021 tertanggal 21 April 2021 perihal Perubahan Surat Nomor 132/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

Komisioner KPU Bulungan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Mistang mengemukakan, ada perubahan data pemilih dari Daftar Pemilih Tetap (DPT). Yaitu, setelah pihaknya melaksanakan rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan.

Berturut-turut pada Bulan April dan Mei yang lalu. Dimana, rekapitulasi yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali tersebut menghasilkan jumlah data sebanyak 97.729 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 51.266 dan pemilih perempuan sebanyak 46.463 pemilih yang tersebar di 10 Kecamatan dan 81 Desa/Kelurahan dan sudah diumukan di media sosial.

“Dari rekap tersebut, jumlah pemilih sebelumnya yakni DPT 2020 mengalami kenaikan sejak dilakukan pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB),” katanya.

Hanya saja, lanjutnya, peran masyarakat masih sangat kurang. Padahal, tanggapan dan masukan dari warga sangat penting dalam mendukung data pemilih yang lebih berkualitas.

“Namun kami juga mengharapkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bulungan untuk andil memberikan masukan dan tanggapan terhadap data yang kami mutakhirkan karena itu penting demi keberlangsungan data pemilih ke depan,” jelasnya.

Lebih jauh, masukan yang disampaikan yakni bersifat konstruktif. Artinya memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Misalnya, data pemilih jika ada yang sudah meninggal, pemilih baru dan perubahan pada elemen data di KTP elektronik yang dimiliki.

“Misalnya, ada keluarga yang meninggal ini bisa dilaporkan ke kami. Atau ada warga yang belum terdaftar di DPT Pilkada 2020 lalu, segera melaporkan ke kami dan juga jika ada warga yang berubah identitas di KTP elektroniknya juga dapat melapor ke KPU Bulungan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Hariadi