Nunukan

Pemda Nunukan Siapkan Bantuan Keuangan untuk Korban Kebakaran Inhutani

Puing sisa kebakaran di Dermaga Inhutani Nunukan. (Foto: Sabri)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Musibah kebakaran yang terjadi di Dermaga Inhutani Kecamatan Nunukan, Minggu (10/1/2021) lalu menghanguskan puluhan rumah dan seratusan jiwa kehilangan tempat tinggal. Usai musibah, Pemda Nunukan mendirikan posko tanggap darurat selama tujuh hari di kompleks Pujasera Nunukan. Selanjutnya, Pemda Nunukan akan menyiapkan bantuan keuangan untuk para korban.

“Benar ada direncanakan untuk itu. Namun untuk sekarang masih menunggu hasil verifikasi lapangan oleh kawan-kawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Nunukan, H. Tuwo, Senin (18/1/2021).

Ia mengatakan, untuk besaran anggaran yang disiapkan oleh Pemda Nunukan belum diketahui angkanya karena masih menunggu proses identifikasi di lapangan.

Meskipun data dari Lurah Nunukan Utara ke Bagian Kesra sudah ada, namun mekanismenya akan diverifikasi terlebih dahulu oleh tim BPBD Nunukan. Dari hasil verifikasi lapangan oleh tim BPBD, kemudian diidentifikasi yang mana rusak berat, rusak sedang dan ringan.

“Kemarin itu, bantuan dari masyarakat Nunukan sangat antusias sekali. Jadi Pemda Nunukan akan memberikan bantuan berupa uang yang ditransferkan dari bank daerah ke rekening masing-masing korban. Intinya Pemda Nunukan menyiapkan bantuan keuangan yang ditransferkan lewat rekening,” jelas H. Tuwo.

BACA JUGA: Posko Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Inhutani Resmi Ditutup

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Nunukan, Hasriansyah melalui Kasubid Kedaruratan dan Logistik, Hasanuddin mengatakan, dari 73 KK, sampai dengan penutupan posko tanggap darurat, Minggu (17/1/2021) kemarin, belum ada satu pun yang melaporkan ingin tinggal sementara di rusunawa.

Terkait bantuan, setiap KK telah diberikan bantuan uang tunai per KK sejumlah Rp1.834.000. Dana tersebut bersumber dari bantuan masyarakat yang disalurkan dan dikumpulkan di Posko Tanggap Darurat. (*)

Reporter: Sabri
Editor: Didik

Mari cegah penyebaran Covid-19 dengan 5 M;

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan
  • Menjaga jarak
  • Mengurangi mobilitas dan interaksi
  • Menghindari kerumunan