Bulungan

Pembuang Bayi di Tempat Sampah Terungkap: Pelaku adalah Orangtuanya

Bayi yang ditemukan kemarin malam. (Foto:IST/Screnshot FB)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Pelaku pembuang bayi di tempat pembuangan sampah di Jalan Manunggal, Tanjung Selor Timur, Tanjung Selor, Minggu (17/1/2021), akhirnya terungkap. Bayi laki-laki itu, rupanya dibuang orangtuanya sendiri.

Aktor di balik pembuangan bayi malang ini terungkap, setelah pelaku melaporkan diri ke Polres Bulungan, Senin (18/1/2021). “Mereka menyerahkan diri langsung. Mereka sengaja buang, dengan harapan anaknya itu bisa dirawat oleh orang tuanya ataupun warga,” kata Kasat Reskrim Polres Bulungan AKP Belnas Pali Padang melalui Kanit Resmob IPDA Faizal Anang.

Dari pengakuan sementara, pelaku yang itu ternyata bukan pasangan resmi suami-istri. Keduanya diduga melakukan hubungan intim dengan status pacaran atau menjalin kasih.

Dari laporan ini, kepolisian juga mengungkap beberapa fakta. Di antaranya, warga yang mengaku menemukan bayi malang itu rupanya adalah sang ayahnya sendiri. Faizal mengungkapkan, pria ini memberikan keterangan palsu yang mengaku sebagai penemu pertama.

“Dia ini belum menikah. Tapi sudah berhubungan. Nah yang temukan pertama tadi malam itu (seorang laki-laki), dia lah bapaknya sebenarnya. Dia kasi keterangan palsu sebagai orang yang pertama menemukan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, proses penyelidikan masih akan terus berlanjut. Sementara sang bayi malang itu, masih dalam perawatan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo. “Bayinya masih di rumah sakit. Masih dirawat dulu,” pungkasnya.

BACA JUGA: Lagi, Warga Tanjung Selor Temukan Bayi di Tempat Sampah

Sebelumnya, bayi tersebut ditemukan oleh warga pada Minggu (17/1) sekitar pukul 21.00 Wita malam. Bayi tersebut ditemukan didalam sebuah tas dan masih dalam keadaan tali pusar belum terpotong. (*)

Reporter : Ramlan
Editor : Nurul Lamunsari

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah