Bulungan

Pembangunan Infrastruktur Pertanian jadi Atensi Dewan

PERTANIAN – Selain hasil produksi, pembangunan infrastruktur di kawasan pertanian menjadi perhatian DPRD untuk ditinjaklanjuti Pemkab Bulungan. (Foto : Nurjannah/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran KaltaraProses pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Bulungan Tahun 2021 mulai dilakukan. Sejumlah agenda pembangunan menjadi bahasan penting oleh DPRD Bulungan. Salah satunya sektor pertanian. Dewan mengatensi pembangunan infrastruktur di kawasan pertanian.

DPRD juga mengapresiasi prestasi bidang pertanian yang diraih Pemkab Bulungan. Salah satunya jenis Padi Sei Kayan yang telah mendapat hak paten dari Kementerian Pertanian RI.

Dalam pemandangan umumnya pada Rapat Paripurna di DPRD BUlungan belum lama ini, Pemkab Bulungan diminta meningkatkan infrastruktur untuk mendukung pembangunan pertanian, seperti jalan, jembatan, percetakan sawah dan bantuan bibit pertanian.

Terkait hal itu, Bupati Bulungan Sudjati telah menyampaikan jawabnnya dalam agenda jawaban pemerintah atas tanggapan sejumlah fraksi di DPRD. Bupati mengapresiasi atas masukan, saran dan pendapat dewan yang disampaikan terkait RAPBD Kabupaten Bulungan tahun anggaran 2021.

“Komitmen kita masih sama terkait pertanian, tak hanya pengembangan. Tetapi juga upaya kita untuk memenuhi infrastruktur maupun juga sarana pertanian lainnya. Kemudian seperti sejauh ini, kita juga berupaya selain hasil produksi juga fasilitasi untuk pemasarannya,” kata bupati.

Dengan begitu, diharapkan bupati, ekonomi yang mendukung kesejateraan petani di Bulungan bisa meningkat. Kondisi saat ini, menurutnya bisa terus ditingkatkan, seperti pembukaan lahan, pengelolaan dan peningkataan hasil dan kualitas produksi.

“Kita dapat bantuan bibit, kemudian kita juga sempat dapat bantuan mesin pertanian yang langsung diterima oleh masyarakat para petani. Salah satunya mesin giling padi,” jelasnya.

Bupati memastikan, terkait RAPBD Pemkab Bulungan telah dijelaskan secara rinci, terbuka serta komprehensif pendapatan maupun belanja daerah yang direncanakan di tahun 2021. Selain itu Pemkab juga diminta terus memberikan kebijakan anggaran yang mumpuni di bidang pertanian untuk mewujudkan Bulungan sebagai Top Rice atau pusat padi di wilayah Provinsi Kalimantan Utara.

“Kami berterimakasih atas tanggapan DPRD dalam bentuk pandangan, saran dan pendapat. Khususnya terkait Raperda APBD Bulungan 2021. Semoga ke depan pembangunan di Bulungan bisa lebih baik,” imbuh bupati. (*)

Reporter: Nurjannah
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah