Kaltara

Pelayanan Publik Harus Tetap Berjalan

GUNAKAN MASKER – Dalam beraktifitas di tengah pandemi, pemerintah dan DPRD tekankan harus tetap mematuhi protokoler kesehatan. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • Di Tengah Pandemi, DPRD Kaltara Atensi Protokoler Kesehatan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Setelah dilakukan perpanjangan masa kerja dari rumah alias Work From Home (WFH) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga 29 Mei 2020 mendatang, semua daerah juga menekankan hal yang sama kepada para pegawainya. Termasuk di Kalimantan Utara (Kaltara), di mana semua abdi negara diminta mematui anjuran dari pemerintah tersebut sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Meski di tengah pandemi dengan penerapan WFH, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara Suriansyah menegaskan, tugas dan kewajiban para ASN harus tetap dilaksanakan. Apalagi yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, harus tetap berjalan.

“Tentu saja untuk pelayanan publik kita minta harus tetap berjalan, meksipun kita tengah dalam pandemi dan melakukan WFH,” tegasnya.

Adapun teknisnya, lanjut sekprov, diserahkan kepada setiap perangkat daerah untuk mengaturnya. Tentu dengan mengedepankan protokoler kesehatan dalam situasi pandemi corona virus.

“Kita juga minta kepada kepala OPD untuk memonitor dan mengawasi ASN di OPD masing-masing. Jadi setiap minggu kita minta kepada OPD untuk melaporkan hasil monitoring tersebut. Jadi pelayanan tetap jalan, tapi disisi lain semua pegawai juga tetap patuh dan disiplin dengan anjuran pemerintah,” tegasnya.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Hamzah mendukung upaya pemerintah dalam menangani virus corona. Termasuk dengan turut memberlakukan WFH. Adapun mengenai pelayanan publik, ia menegaskan agar protokoler kesehatan benar-benar dijalankan maksimal.

“Melayani masyatakat adalah kewajiban pemerintah. Namun yang jauh lebih penting adalah melindungi masyarakat agar tidak terpapar virus corona ini. Jadi protokoler kesehatan betul-betul dimaksimalkan dan jangan dianggap remeh,” ujarnya.

Menurutnya, dengan memperhatikan protokoler kesehatan, pelayanan masih bisa terus berjalan. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi informasi, serta model pelayan lain yang tetap mengikuti anjuran dari WHO seperti social distancing dan physical distancing.

“Kami juga turut melakukan pengawasan terhadap proses penanganan covid-19 ini. Harus kita samua menerapkan kedisiplinan supaya kita bisa melalui musibah ini, dan kasus di Kaltara makin berkurang dan benar-benar hilang,” tambahnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid
Editor: Eddy Nugroho

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah