Nunukan

Pelajar dan Mahasiswa Dominasi Perekaman KTP Elektronik

Kadisdukcapil Nunukan, Akhmad

NUNUKAN, Koran Kaltara – Pelayanan perekaman KTP elektronik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan dalam dua minggu ini, didominasi oleh pelajar dan mahasiswa hingga mencapai 75 persen.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Nunukan, Akhmad mengatakan, untuk pelayanan Disdukcapil Kabupaten Nunukan sejak tanggal 8 Juni membuka kembali loket pelayanan perekaman KTP elektronik secara umum. Sedangkan loket pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) lainnya, dilakukan secara online.

Semuanya berjalan lancar, masyarakat yang tadinya membutuhkan layanan perekaman, baik yang ingin mendaftar sekolah, TNI, Polri, kuliah, termasuk juga masyarakat umum, terlayani dengan baik dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Memang saat pertama kali dibuka, banyak masyarakat yang antre, bukan semua ingin perekaman tapi ingin mengambil dokumen yang dimohonkan lewat pelayanan online. Untuk pengambilan dokumen, cukup menunggu di ruang tunggu di bagian luar loket pelayanan, nanti dibantu oleh staf yang bertugas untuk mengambilkan dokumen,” kata Akhmad, Jumat (19/6/2020).

Ia mengungkapkan, terkait pelayanan perekaman KTP, sejak tanggal 8 Juni sampai hari ini Jumat (19/6/2020), rata-rata dalam sehari melayani sekitar 20 sampai 30 pemohon. Untuk minggu pertama, jumlahnya sebanyak 140 pemohon dan minggu kedua, berjumlah 164 pemohon.

“Jadi ada peningkatan masyarakat yang melakukan perekaman KTP elektronik,” ujarnya.

Dia mengatakan, jika melihat data yang perekaman KTP, didominasi oleh warga yang berumur 17 tahun. Karena kalau masyarakat umum, hampir 90 persen sudah melakukan perekaman. Justru yang baru berusia 17 tahun secara otomatis sistem membaca dan sudah bisa perekaman.

“Untuk kepentingan daftar kuliah, daftar TNI, Polri. Sekitar 75 persen adalah pelajar atau mahasiswa yang melakukan perekaman,” pungkasnya. (*)

BACA JUGA: Lewat Program Plasma, Disdukcapil Nunukan Terbitkan 925 Akta Kelahiran

Reporter: Sabri
Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah