Headline

Pekerja Antusias Sambut Bantuan Pemerintah

Tampak salah satu pekerja pada sektor perdagangan di Kaltara. (Foto : Dok/Koran Kaltara)
  • Apabila Tepat Sasaran, Daya Beli Masyarakat Bisa Meningkat

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Antusiasme ditunjukkan beberapa pekerja di Kabupaten Bulungan saat diwawancara soal subsidi gaji dari pemerintah. Bahkan, mayoritas dari mereka sudah mengetahuinya dari berita online di ponselnya.

Salah satu pekerja, Kurnadi (28) menyampaikan, dirinya berharap pemberian bantuan bisa sesuai target yang disampaikan pemerintah. Bagi dirinya dengan pendapatan setara UMK Bulungan, nominal dana dari subsidi gaji sangat membantu sekali.

Bantuan yang perbulannya Rp600 ribu kan ?. Ada sudah saya baca itu kemarin. Ya semoga saja bisa bener-bener mulai bulan besok. Lumayan banget buat tambah-tambah belanja istri di rumah,” kata Kurnadi, Jumat (7/8/2020).

Sementara itu, Zahra Kurnia Sari (26) mengatakan, dirinya belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari bagian kepegawaian di kantornya. Sehingga saat ini, dia hanya berharap bantuan tersebut bisa benar-benar diterima.

“Saya sih tau, tapi dari berita-berita aja. Kalau di kantor belum ada informasi apa-apa,” jelasnya.

Apabila bisa mendapatkan bantuan tersebut, perempuan lajang ini mengaku hanya untuk membeli keperluan sehari-hari. Dengan nominal Rp1,2 juta per dua bulan, dinilai bisa meringankan beban pengeluaran rutinnya.

“Alhamdulillah, bisa buat tambah-tambah tabungan jadinya dari gaji. Nanti bantuan itu yang buat belenja-belanja bulanan saja,” kata perempuan berkacamata ini.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Kaltara (Unikaltar), Adi Aspiannur menyampaikan, daya beli masyarakat bisa meningkat apabila penyaluran subsidi gaji tepat sasaran. Namun, penggunaannya juga harus dilakukan di lokasi pekerja tinggal.

“Kalau memang benar-benar tepat sasaran, tentu daya beli masyarakat bisa naik secara merata. Tapi kalau berbicara untuk pemulihan ekonominya, uang dari subsidi gaji ini harus dibelanjakan di dalam daerah. Utamanya di warung-warung atau usaha sekitar lingkungan rumah lah, jadi perputaran uang bisa membuat ekonomi tumbuh,” jelas Adi.(*)

Reporter: Agung Riyanto

Editor: Nurul Lamunsari

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah