Ekonomi Bisnis

Pegawai KPPN Tanjung Selor dan DJPb Kaltara Mendapat Pelatihan Service Excellent

Suasana penyampaian materi Servis Excellent. (Foto: Agung)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – KPPN Tanjung Selor bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara, menggelar acara Service Excellent dengan menggandeng Bank Mandiri Cabang Tanjung Selor, Jumat (5/8/2022).

Acara yang digelar di Aula Kanwil itu diikuti oleh 80 orang. Terdiri dari seluruh pejabat dan pegawai dan PPNPN Kanwil dan KPPN.

Kepala Kanwil DJPb Kaltara, Wahyu Prihantoro mengatakan, penting dipahami jika pegawai di Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu harus bisa membentuk citra sebagai pelayan stakeholder.

Dengan begitu, pegawai bisa berperan maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Ia berharap acara service excellent ini turut meningkatkan kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder yang menjadi mitra di Kaltara.

Sehingga, mereka dapat terlayani dengan baik sesuai kebutuhan masing-masing.

“Pelayanan tidak bisa terwujud maksimal tanpa memiliki insting yang baik. Kita harus bisa memahami kebutuhan dari gelagat wajah dan gesture mitra kita. Sehingga mereka dapat terlayani maksimal,” paparnya.

Foto bersama usai penyampaian sambutan. (Foto: Agung)

Kepala KPPN Tanjung Selor, Juanda, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kapasitas SDM di Kanwil maupun KPPN sehingga bisa memberikan layanan yang prima kepada stakeholder atau pemangku kepentingan

Melalui tema “Perkuat Integritas, Bangun Sinergi Tingkatkan Layanan”, diharapkan para punggawa APBN ini bisa menghayati dan menerapkan nilai-nilai kementerian keuangan untuk memperkuat integritas dan membiasakan budaya sinergi.

Dengan begitu, akan berdampak pada layanan prima kepada pemangku kepentingan.

“Pelayanan yang prima tidak sekedar mampu memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan permasalahan stakeholder secara profesional, tetapi juga mampu memberikan rasa nyaman. Oleh karena itu, setiap pegawai perlu belajar mengenai standar pelayanan yang baik dan prima, salah satunya melalui pelatihan ini,” paparnya.

“Semoga melalui pelatihan service excellent ini, KPPN Tanjung Selor sebagai institusi pemerintah yang telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas dan Korupsi (WBK) dari Menpan RB, dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publiknya menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” kata Juanda menambahkan.

Sebagai narasumber, disampaikan oleh Branch Operation Supervisor Bank Mandiri Cabang Tanjung Selor, Meinso Anace untuk melakukan sharing knowledge dan simulasi mengenai Service Excellence

“Service Excellence mulai dari standar berpakaian, berbicara, dan bersikap dalam menghadapi stakeholder,” kata Meinso.

Disamping itu, dipraktikkan langsung oleh Wahyudi Perdana untuk memberikan contoh bertindak dan berperilaku dalam pelayanan. Pelatihan berjalan dengan sangat menarik dan diikuti antusias oleh seluruh peserta. (*/bis)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Didik

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment