Hukum Kriminal

Peduli Diananta, Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers Galang Donasi

Diananta saat ini ditahan di Polres Kotabaru. (Foto: Istimewa)

BALIKPAPAN- Gerakan kolektif Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers terus menggalang dana untuk kebutuhan keluarga eks Pemimpin Redaksi Banjarhits, Diananta Putra Sumedi.

Diananta masih mendekam di sel tahanan Polres Kotabaru, gara-gara disangka melanggar UU ITE lewat berita yang ia muat.

Dalam rilis yang diterima Koran Kaltara, Minggu (31/5/2020) malam, disebutkan, donasi digagas oleh Tim Logistik Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers yang dipimpin oleh Ika Ningtyas, anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember.

Sampai saat ini sudah terkumpul dana sebesar Rp14.000.000 dari berbagai kalangan.

“Ini dialokasikan untuk kebutuhan hidup keluarga per bulan Juni dan Juli. Diananta adalah penafkah tunggal untuk anak dan istrinya yang tinggal di Banyuwangi,” ujar Ika, Minggu (31/5/2020).

Istri Diananta, Wahyu Widyaningsih, juga berencana bakal bertolak ke Kotabaru untuk menemani Diananta saat persidangan pada Juni nanti.

Ika menegaskan aksi penggalangan dana ini penting untuk merajut solidaritas bersama, khususnya kalangan jurnalis.

Bukan hanya untuk meringankan beban ekonomi keluarga, tapi juga sebagai bentuk dukungan semua pihak atas kebebasan pers dan protes atas kriminialisasi yang dilakukan terhadap Diananta.

“Kerja-kerja jurnalisme itu untuk kepentingan publik. Tanpa jurnalisme yang bebas dan independen, mustahil publik mendapatkan informasi yang kredibel. Oleh karena itu, kriminalisasi terhadap jurnalis Diananta dengan sendirinya mengancam hak publik mendapatkan informasi yang benar,” ujarnya.

Untuk diketahui, penggalangan dana sendiri dibuka melalui rekening Ika Ningtyas (BNI 0863585113). Setelah ditransfer, donatur bisa mengonfirmasi melalui kontak Whatsapp 081353026387. (*)

BACA JUGA:

Penulis/Editor: Didik

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah