Tarakan

PDAM Tarakan Godok Rencana Kenaikan Tarif

Meteran PDAM. (Foto: Sofyan)

TARAKAN, Koran Kaltara – Rencana penyesuaian tarif yang sedang digodok Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Tarakan terus berlanjut. Wali Kota Tarakan Khairul juga memberikan lampu hijau kepada direksi dalam kebijakan tersebut.

Dalam Peraturan Daerah (Perda) Pengelolaan PDAM, kenaikan tarif di bawah 15 persen tidak perlu minta izin DPRD.

“Kalau hitung-hitungan biasanya bayar setiap bulan Rp100 ribu setelah naik 15 persen, maka tagihan bisa jadi Rp110 ribu. Ini kan sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk menutupi biaya operasional,” terang Khairul.

Tarif di Tarakan disebut paling murah, yakni Rp1.500 per kubik jika dibandingkan dengan beli profil tank bisa Rp40 ribu – Rp50 ribu, bahkan kalau kemarau bisa naik jadi Rp60 ribuan.

Dia mengatakan, bahwa PDAM sudah memiliki keuntungan tetapi untuk jangka panjang harus memiliki dana segar sebagai investasi. Selama ini masih subsidi dari pemerintah daerah.

“Kalau tidak ada kenaikan bagaimana perawatan, kalau tidak ada APBD nanti bagaimana melakukan perawatan,” ungkapnya.

Investasi yang dilakukan PDAM juga harus dipikirkan jangka panjang, dalam waktu berapa tahun pompa rusak, dan jaringan pipa butuh perawatan.

Jika memiliki dana operasional sendiri, maka PDAM dapat melakukan perbaikan secara mandiri tanpa harus menunggu suntikan dana dari APBD.

Selama ini, modal PDAM masih dibantu oleh pemkot Tarakan yang digunakan untuk biaya operasional, tetapi terbatas untuk gaji karyawan, biaya beli kimia dan bayar tagihan listrik.

Meskipun masih untung tetapi ada penyusutan nilai investasi, yang selama ini dibeli dari APBD.

Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan setelah penyesuaian tarif, PDAM mampu melayani masyarakat secara mandiri tanpa ‘menyusu’ ke Pemkot Tarakan.

“Sekali lagi, tidak perlu persetujuan Dewan karena Perdanya sudah atas persetujuan DPRD. Di dalam Perda itu bunyinya kenaikan di bawah 15 persen cukup keputusan direksi kalau di atas nilai tersebut harus persetujuan Dewan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sofyan Ali Mustafa
Editor: Rifat Munisa

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun/ hand sanitizer
  • Gunakan masker apabila keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah