Advertorial Politik

Pastikan Warga Terdaftar sebagai Pemilih dan Hadir ke TPS

Tampak tim sosialisasi dari KPU melakukan konvoi dan membagikan brosur kepada warga di Kecamatan Mentarang. (Foto: RIZQY/KORAN KALTARA)
  • Sosialisasi KPU di Malinau

MALINAU – Hari keempat sosialisasi pendidikan pemilih dan touring pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara berlangsung di Kabupaten Malinau, Rabu (5/8), tepatnya di Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang.

Seperti agenda pada hari-hari sebelumnya, tim sosialisasi membagikan brosur kepada warga sore harinya. Tidak ketinggalan maskot Pilkada Kaltara ‘Si Ega’ kembali menyapa masyarakat.

Selain di Pulau Sapi, konvoi juga berlanjut di Desa Lidung Kemenci, Long Liku, Temalang, Long Bisai dan Long Gafid.

Kemudian di malam harinya, warga dikumpulkan di Balai Adat Desa Wisata Pulau Sapi. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19, agenda tersebut berjalan lancar dan disambut antusiasme masyarakat.

“Saya berharap, di Mentarang khususnya di Desa Pulau Sapi bisa meningkatkan partisipasi,” ujar Komisioner KPU Kaltara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Teguh Dwi Subagyo.

Dia menjelaskan, melalui kegiatan yang dilaksanakan penyelenggara dapat memberikan pemahaman politik yang baik. Pasalnya, peran aktif masyarakat dalam memilih pemimpin, menentukan masa depan daerah.

“Pastikan terdaftar sebagai pemilih dan datang ke TPS pada 9 Desember mendatang. Pastikan juga tidak salah pilih, dan itu merupakan hak Anda sebagai pemilih,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Gamaliel Hirung Ding, bahwa saat ini sedang dilakukan tahapan pemutakhiran data pemilih. Melalui pencocokan dan penelitian (Coklit), warga di Mentarang akan terdata dengan benar.

“Bagi yang hadir di acara sosialisasi diminta menyampaikan kepada keluarga, kerabat dan tetangga bahwa kita akan ada pemilihan pada 9 Desember mendatang. Karena kita punya kewajiban moral untuk memberikan hak pilih kita,” katanya memberikan imbauan.

Sementara itu, pemerintah kecamatan dan desa setempat turut mengapresiasi sosialisasi tersebut. Besar harapan, melalui pendidikan pemilih yang disampaikan oleh KPU mendorong masyarakat turut berperan aktif dalam kontestasi politik tahun ini. (adv/zz)

 

Mari Bersama Cegah Penyebaran Covid-19:

  • Jaga kebersihan badan dan lingkungan
  • Sering cuci tangan dengan sabun
  • Tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak
  • Gunakan masker apabila terpaksa keluar rumah
  • Jaga jarak dan hindari kerumunan
  • Patuhi imbauan pemerintah